DAD PK IMM Utsman bin Affan: Internalisasi Ideologi Guna Mewujudkan Kader yang Reformis

Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Utsman bin Affan Universitas Muhammadiyah Ponorogo menyelenggarakan kegiatan Darul Arqam Dasar pada hari Jum'at-Ahad (11-13/11/2022) yang bertempatan di MI Muhammadiyah 6 Nglegok, Jenangan, Kabupaten Ponorogo.

Kegiatan Darul Arqam Dasar ini mengambil tema tentang "Internalisasi Ideologi Guna Mewujudkan Kader yang Reformis" yang memiliki arti bahwa internalisasi merupakan penghayatan terhadap suatu ajaran atau doktrin. Sehingga, munculnya kesadaran melalui ideologi mendasar sebagaimana upaya untuk mewujudkan kader yang reformis. Kader reformis sendiri memiliki makna seorang kader yang siap membawa perubahan sesuai dengan perannya.

Kegiatan Perkaderan Darul Arqam Dasar tersebut juga diikuti oleh 70 kader IMM yang berasal dari Fakultas Ekonomi yakni kader PK IMM Utsman bin Affan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Immawati Endar Larasati atau biasa disapa Endar sebagai Instruktur pada kegiatan DAD tersebut menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan ini. "Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengenalan dan pemahaman kepada calon kader, mengenai Al-Islam, ke-Muhammadiyahan dan ke IMM-an," ungkapnya.

Sejatinya tujuan diadakannya kegiatan perkaderan Darul Arqam Dasar (DAD) itu sendiri adalah untuk membentuk watak dan kepribadian kader serta mutu anggota IMM. Sehingga, tercapainya kualifikasi kader IMM yang mempunyai wawasan tingkat komisariat, serta internalisasi dasar-dasar Islam dan meletakkan di atas dasar pemahaman secara intelektual.

Kemudian Immawan Yanuar Bagas sebagai Ketua Pelaksana dari kegiatan DAD ini menyampaikan sambutannya "Kegiatan DAD ini menjadi saksi nyata dalam menjalankan kaderisasi yang ada di IMM, meskipun dari awal hingga saat ini komisariat kami mengalami berbagai dinamika dari 110 kader IMM berkurang menjadi 80 kader, kemudian berkurang lagi menjadi 70 kader IMM," ujarnya.

Selanjutnya, Immawan Robbi Riski Wibiansyah sebagai Ketua Umum PK IMM Utsman bin Affan menyampaikan dalam sambutannya "Darul Arqam Dasar ini adalah sebuah proses pengkaderan yang pertama, ini masih awal untuk menuju gerbang selanjutnya. Karena, IMM mewadahi dan memberikan jembatan kesuksesan pada kalian," ungkapnya.

Lebih lanjut, Immawan Agil Nugroho sebagai Ketua Umum PC IMM Ponorogo menyampaikan dalam sambutannya. "Mahasiswa memiliki dua peran dalam kehidupan masyarakat yakni sebagai Agent of change (pembawa perubahan) dan Agent of control (pengendali). IMM memiliki Trilogi yang berada di ranah Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Kemasyarakatan. Silahkan temen-temen bisa mengambil perannya masing-masing dalam ketiga bidang tersebut," ujarnya.

Terakhir, Immawati Endar menyampaikan harapannya setelah diadakannya kegiatan ini. "Semoga temen-temen alumni Darul Arqam Dasar PK IMM Utsman bin Affan ini tetap konsisten dalam belajar dan berproses di dalam organisasi IMM," tuturnya.

"Setelah kegiatan Darul Arqam Dasar ini selesai, teman-teman masih ada tahapan selanjutnya. Karena untuk menjadi kader yang reformis tentunya harus melewati beberapa proses dan perjalanan. Kuatkan niat dan semangat agar teman-teman semua mampu bertahan dari tantangan seleksi alam," pungkas Instruktur PK IMM Utsman bin Affan ini.


Oleh: Septi Sartika (Instruktur PC IMM Nganjuk)

Posting Komentar

0 Komentar