Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cetak Generasi Qur'ani, PPTQ Nurul Qur'an Aisyiyah dan RTQ Aisyiyah 01 Nganjuk Gelar Wisuda Tahfidz Angkatan ke-IV


Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an (PPTQ) "Nurul Qur'an" 'Aisyiyah Nganjuk dan Rumah Tahfidz Al-Qur'an (RTQ) 'Aisyiyah 01 Nganjuk menyelenggarakan Wisuda Santriwan dan Santriwati Tahfidz Qur'an Angkatan ke-IV pada Kamis, (18/05/2023) yang berlangsung di Gedung Pembelajaran Terpadu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Nganjuk, Jalan Letjen Suprapto No 121C, Jatirejo, Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.


Adapun jumlah wisudawan dan wisudawati yang telah di wisuda sebanyak 117 santri dari 350 santri yang ada. Santri yang telah di wisuda adalah Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an (PPTQ) "Nurul Qur'an" 'Aisyiyah Nganjuk dan Rumah Tahfidz Al-Qur'an (RTQ) 'Aisyiyah 01 Nganjuk. Yaitu para santri-santri yang telah hafal Al-Qur'an dari juz 1- juz 7 dan juz 26 - juz 30 dengan kategori usia TK, SD, SMP, dan SMA.


Acara wisuda yang ke IV ini mengusung tema "TAQWIM: Teguh bersama Al-Qur'an adalah Wujud Iman Muslim Sejati." Dari tema tersebut memiliki makna yang berarti kokoh atau teguh. Jalannya iman seseorang melalui pedoman hidup yang pasti yaitu Al-Qur'an. Agar Al-Qur'an bisa mendarah daging bisa dilakukan dengan tekan, niat, dan usaha yang kokoh atau teguh. Maka dari itu, harus "Taqwim". Agar bisa menjadi Muslim yang berpedoman pada Al-Quran.


Tujuan diadakannya acara Wisuda Tahfidz ke-IV ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada para santri dan wali santri atas jerih payahnya dalam berjuang menjadi seorang Hafidz dan Hafidzah dan juga memberikan motivasi kepada para santri untuk lebih semangat dalam menghafal ayat suci Al-Qur'an.


Ustadzah Istiadah, S.Pd.I selaku Pengasuh PPTQ Nurul Quran Aisyiyah Nganjuk dan Kepala Rumah Tahfidz Al-Qur'an (RTQ) Aisyiyah 01 Nganjuk menyampaikan dalam sambutannya, "Hari ini merupakan puncak kita bersama. Mulai dari persiapan diri untuk bisa mengikuti acara wisuda ini. Yang berawal dari ujian hafalan beberapa juz yang telah diujikan sebelum acara wisuda ini. Kewajiban kita sebagai orang tua yakni bagaimana menjaga hafalan anak-anak ini tidak hilang untuk selalu menjaga dengan murojaah minimal seperempat juz atau setengah juz tergantung pada jumlah hafalannya," ungkapnya.


Beliau pun menambahkan, "Para santri RTQ dan Santri Pondok pun harus dilatih dengan melakukan aktivitas murojaah dan harus selalu diberikan motivasi untuk terus meningkatkan semangat dalam menghafal Al-Qur'an," imbuhnya.


Drs. Sudarmadji atau biasa disapa Bapak Darmadji selaku Badan Pengelola Harian PPTQ Nurul Qur'an 'Aisyiyah Nganjuk dan Pembina RTQ 'Aisyiyah 01 Nganjuk menyampaikan harapannya setelah diadakannya acara Wisuda Tahfidz ini, "Kami berharap setelah diwisuda, para santri lebih bersemangat lagi dalam menghafal Al-Qur'an dan wali santri lebih bersinergi dalam memberikan dukungan dari semua kegiatan yang diadakan oleh PPTQ Aisyiyah dan RTQ Aisyiyah 01 Nganjuk," ujarnya.


Lebih lanjut, Beliau juga menyampaikan pesan kepada seluruh Wisudawan dan Wisudawati yang telah mengikuti acara wisuda ini, "Kepada seluruh santri, tetap semangat dalam menghafal Al-Qur'an. Karena nantinya bisa menjadi bekal untuk meraih kesuksesan di dunia dan akhirat. Jangan puas hanya dengan 1 juz, karena masih ada Juz 29, Juz 28, Juz 1 dan seterusnya yang menanti. Dan jangan hanya menjadi seorang penghafal Al-Qur'an, tetapi berakhlaklah seperti yang diajarkan di dalam Al-Qur'an," tuturnya.


Terakhir, Beliau juga memberikan motivasi kepada para seluruh Santriwan dan Santriwati, "Seperti yang dituliskan dalam Qur'an Surah Al-Isra' Ayat 9 yakni: Sungguh, Al-Qur'an ini memberikan petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapatkan pahala yang besar," ungkapnya.


Acara Wisuda Tahfidz yang dihadiri oleh sekitar 700 tamu undangan tersebut berjalan dengan sukses dan lancar. Adapun tamu undangan yang hadir pada acara Wisuda Tahfidz ke-IV ini diantaranya yaitu PD Pontren Kementrian Agama Kabupaten Nganjuk, Ketua dan Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Nganjuk, Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Nganjuk, Ketua Majelis Tabligh PDA Kabupaten Nganjuk, Ketua PCM dan PCA Kecamatan Nganjuk, Ketua Forum Komunikasi TPQ Kecamatan Nganjuk, Kepala SD 'Aisyiyah 01 Nganjuk, Kepala SD Muhammadiyah Nganjuk, Alumni Santriwati PPTQ Nurul Qur'an 'Aisyiyah Nganjuk, Ketua dan Sekretaris Takmir Masjid "Raudhatul Jannah" Nganjuk, beserta para wali santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an 'Aisyiyah Nganjuk dan Rumah Tahfidz Al-Qur'an 'Aisyiyah 01 Nganjuk.


Acara Wisuda Tahfidz ini juga di sponsori oleh Kost Bu Rin Nganjuk, Purple Hijab, Lazismu Kabupaten Nganjuk beserta seluruh sponsorship yang ikut membantu dalam mensupport acara ini.




Reporter : Septi Sartika (Tim Redaksi Pelaksana IMM Pos)

Posting Komentar untuk "Cetak Generasi Qur'ani, PPTQ Nurul Qur'an Aisyiyah dan RTQ Aisyiyah 01 Nganjuk Gelar Wisuda Tahfidz Angkatan ke-IV"

4-comments