Kesan dan Pesan Himmawan Saat Mengikuti DAD PK IMM Utsman bin Affan UMPO

Darul Arqam Dasar (DAD) merupakan perkaderan utama tingkat dasar atau tingkat pertama dari empat tingkat perkaderan yang secara praktis menjadi prasyarat sebagai calon Pimpinan IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) di level Komisariat. 

Secara umum, tujuan terselenggaranya DAD (Darul Arqam Dasar) yaitu membentuk karakter dan kepribadian serta mencetak generasi kader IMM yang unggul dan berkualitas, sehingga kualifikasi kader IMM dapat mempunyai mutu anggota hingga mencapai kualifikasi kader IMM yang mempunyai wawasan tingkat Komisariat dan Cabang. Serta dapat menginternalisasikan dasar-dasar Islam dan meletakkan dasar pemahaman intelektualitasnya sebagai bentuk gerakan cendekiawan berpribadi dengan ilmu amaliyah dan amal ilmiah.

Melalui internalisasi Trilogi IMM, dapat menumbuhkan wacana intelektual dan membentuk kader-kader yang siap menjadi pemimpin dan pengurus dalam tingkat pimpinan komisariat serta dapat mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam trilogi IMM. Oleh sebab itu, Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Utsman bin Affan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) menyelenggarakan kegiatan Darul Arqam Dasar (DAD) pada hari Jum'a-Ahad,(11-13/11/2022) yang berlangsung di MI Nglegok, Jenangan, Kabupaten Ponorogo.

Adapun tema yang diambil dari kegiatan ini adalah "Internalisasi Ideologi Guna Mewujudkan Kader yang Reformis".

Pada kegiatan tersebut ada sekitar 70 peserta yang mengikuti perkaderan DAD tersebut. Kegiatan ini juga merupakan program kerja dari Bidang Perkaderan PK IMM Utsman bin Affan Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang berlandaskan dengan SPI (Sistem Perkaderan Ikatan), Al-Qur'an dan Hadist dan AD/ART IMM. Pada kegiatan perkaderan tersebut mencakup 5 materi yang disampaikan dalam proses perkaderan tersebut. Adapun uraian materi pada kegiatan Darul Arqam Dasar (DAD) tersebut diantaranya, Keislaman, ke-Muhammadiyahan, Pengantar Logika, ke-IMMan dan Analisis Sosial (ANSOS).

Muhammad Himmawan Zaki Nashafi atau biasa disapa Himmawan sebagai salah satu peserta DAD yang berasal dari PK IMM Utsman bin Affan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi menyampaikan tujuannya mengikuti kegiatan perkaderan ini. "Tujuan saya mengikuti kegiatan ini yaitu pertama, untuk mendalami dan lebih memahami tentang organisasi Muhammadiyah. Kedua, membentuk karakter serta kepribadian saya untuk menjadi lebih kritis dan idealis dalam menghadapi berbagai masalah yang ada di masyarakat. Ketiga, bermanfaat bagi Agama, Bangsa, dan Negara," ungkapnya.

Kemudian ia juga menyampaikan motivasinya mengikuti kegiatan DAD ini. "Motivasi saya mengikuti perkaderan DAD ini adalah untuk menumbuhkan rasa impati dan simpati kepada setiap orang yang membutuhkan. Karena, Ikatan mahasiswa Muhammadiyah ini bergerak dalam bidang keagamaan, kemahasiswaan, dan kemasyarakatan," ujarnya.

Lebih lanjut ia juga menyampaikan kesan dan pesannya selama mengikuti kegiatan perkaderan DAD ini. "Saya berterima kasih banyak kepada segenap panitia yang telah mengadakan kegiatan Darul Arqam Dasar ini. Dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Dan tak lupa juga saya ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh tim instruktur yang bertugas di dalam kegiatan perkaderan ini," ungkapnya.

Ia juga menambahkan "Dari kegiatan perkaderan DAD ini saya mendapatkan banyak sekali ilmu, relasi pertemanan dan menambah literasi serta wawasan saya tentang ke-Muhammadiyahan dan ke IMM-an," imbuhnya.

"Pesan saya adalah sebagaimana Rasul SAW bersabda: Barang siapa keluar rumah untuk mencari ilmu, sesungguhnya dia berada di jalan Allah sampai dia pulang (Kepada Allah). Jadilah kader Muhammadiyah yang ikhlas dalam mencari ilmu karena Allah, bukan karena paksaan dari orang lain," tuturnya.

Terakhir, Immawan Himmawan menyampaikan harapannya setelah mengikuti kegiatan perkaderan DAD ini. "Harapan saya setelah mengikuti kegiatan ini, semoga saya bisa menjadi kader yang memiliki jiwa loyalitas tinggi terhadap organisasi serta mampu mengambil kontribusi dan mampu menjadi kader yang terbaik. Khususnya bisa memiliki jiwa militansi kepada organisasi IMM agar nantinya mampu menguasai segala aspek kehidupan berorganisasi maupun masyarakat," ujarnya.

Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan perkaderan DAD ini nantinya dapat melahirkan kader-kader baru yang memiliki jiwa spirit dan semangat yang tinggi dalam memperjuangkan tongkat estafet kepemimpinan dalam berorganisasi di Muhammadiyah. Serta dapat mengimplementasikan nilai-nilai Ikatan yang terkandung di dalam Trilogi IMM. Dengan begitu, kita benar-benar dapat mewujudkan kader progresif dan berkemajuan yaitu kader yang mampu membawa perubahan baik untuk organisasi IMM ataupun masyarakat luas.


Oleh: Septi Sartika (Instruktur PC IMM Kabupaten Nganjuk)

Posting Komentar

0 Komentar