Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PK IMM Cakraningrat Menggelar DAD Guna Mewujudkan Kader Yang dedikatif Dan progressif Di Bidangnya

Darul Arqam Dasar (DAD) merupakan perkaderan utama tingkat dasar atau tingkat pertama dari empat tingkat perkaderan yang secara praktis menjadi prasyarat sebagai calon Pimpinan IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) di level Komisariat. Secara umum, tujuan terselenggaranya DAD (Darul Arqam Dasar) yaitu membentuk karakter dan kepribadian serta mencetak generasi kader IMM yang unggul dan berkualitas, sehingga kualifikasi kader IMM dapat mempunyai mutu anggota hingga mencapai kualifikasi kader IMM yang mempunyai wawasan tingkat Komisariat dan Cabang. Serta dapat menginternalisasikan dasar-dasar Islam dan meletakkan dasar pemahaman intelektualitasnya sebagai bentuk gerakan cendekiawan berpribadi dengan ilmu amaliyah dan amal ilmiah. 


Melalui internalisasi Trilogi IMM, dapat menumbuhkan wacana intelektual dan membentuk kader-kader yang siap menjadi pemimpin dan pengurus dalam tingkat Pimpinan Komisariat (PK) serta dapat mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Trilogi IMM serta mampu menanamkan Ideologi Muhammadiyah dan IMM kepada kader-kader baru di periode selanjutnya. Oleh sebab itu, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)Komisariat Cakraningrat Kabupaten Bangkalan menyelenggarakan kegiatan Darul Arqam Dasar (DAD) Akbar pada hari Jumat-Ahad,(03-05/02/2023) yang berlangsung di Perguruan Kompleks Muhammadiyah Sekolah Dasar (SD) 1 Muhammadiyah, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur.
Adapun tema yang diambil dari kegiatan ini adalah “Penanaman Nilai ideologi Ikatan guna terciptanya kader yang progresif dan dedikatif.” Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan perkaderan DAD tersebut berjumlah 16 peserta. Diantaranya terdiri dari kader Pimpinan Komisariat (PK) Ahmad Syafii maarif (UNIBA), PK Bahaudin Mudhary (UNIBA) dan PK AL Qalam, Ibnu Khaldun, AL Khawarismi, Salman Al-farisi, Cakraningrat Universitas Trunjoyo Madura (UTM). 


Kegiatan ini juga merupakan program kerja dari Bidang Perkaderan PK IMM Cakraningrat yang berlandaskan dengan SPI (Sistem Perkaderan Ikatan), Al-Qur’an dan Hadist dan AD/ART IMM. Pada kegiatan perkaderan tersebut mencakup 5 materi yang disampaikan dalam proses perkaderan tersebut. Adapun uraian materi pada kegiatan Darul Arqam Dasar (DAD) Akbar tersebut diantaranya, Keislaman,Retorika, Kemuhammadiyahan, ke-IMMan, Menejemen Organisasi.


Immawati Lily sebagai Ketua Pelaksana DAD Akbar ini menyampaikan bahwa “Diadakannya kegiatan ini guna untuk menanamkan ideologi, karna dirasa dari teman-teman belum mempunyai background organisasi dan belum mengenal Muhammadiyah dan IMM secara keseluruhan. Nantinya bagi teman-teman yang yang sudah faham tentang Ideologi dan gerakannya, dapat menjadi kader yang mampu mewujudkan relevansi gerakan Ikatan,” ungkapnya.


Kemudian, Immawan Syah Alam Heikal Akbar S.E atau biasa disapa Immawan Heikal sebagai Ketua Umum PC IMM kabupaten Bangkalan menyampaikan dalam sambutannya ” DAD bersama ini dilaksanakan guna untuk memperdalam Ideologi dari kader-kader baru dan juga untuk mempersiapkan tonggak Pimpinan umat. Dan bagaimana peran mahasiswa nantinya, dapat menjadi agen of change di dalam masyarakat dan juga dapat memberikan stimulus bahwa mahasiswa itu tidak hanya mengedepankan akademisnya saja, akan tetapi mampu melakukan kebaikan-kebaikan melalui organisasi IMM. Sesuai dengan slogan IMM, bahwa mahasiswa perlu mengedepankan intelektual dan moralnya,” ujarnya. 


Sambutan terakhir dari Immawan Mohammad Nofian Subandi atau sering di panggil Immawan Subandi selaku Ketua Umum komisariat Cakraningrat penyelenggara DAD manyampaikan harapannya setelah diadakannya kegiatan perkaderan DAD ini. “kepada peserta DAD nantinya setelah lulus DAD teman-teman jangan berhenti, menjadilah kader yang selalu aktif dan berkontribusi di komisariat maising-masing terkhusus di ikatan Mahasiswa Muhammadiyah", pungkas nya.


Reporter Berita Acara: Ike Sunyahni
Naufal Afif
Naufal Afif Editor Kuliah Al-Islam, Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor, Ketua Umum IMM UIKA 2018-2020

Posting Komentar untuk "PK IMM Cakraningrat Menggelar DAD Guna Mewujudkan Kader Yang dedikatif Dan progressif Di Bidangnya"

4-comments