Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Fokal IMM dan Lazismu Kabupaten Nganjuk, Sukses Gelar Kegiatan Ramadhan Berbagi

Kordinator Daerah (KORDA) Forum Keluarga Alumni (FOKAL) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) bersama Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kabupaten Nganjuk sukses menggelar kegiatan Ramadhan Berbagi yang bertema Bakti Sosial berbasis Masjid pada Selasa, (18/04/2023) yang berlangsung di Masjid Al-Hikmah, Kelurahan Mangundikaran, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan Bakti Sosial Ramadhan Berbagi ini ditujukan kepada kaum Lansia-Dhuafa, Yatim piatu, Marbot Masjid dan Santri di Masjid Al-Hikmah Kelurahan Mangundikaran, Kecamatan Nganjuk yang digelar dalam rangka menyambut kemuliaan malam Lailatul Qodar di Penghujung Bulan Suci Ramadhan.

Adapun tamu undangan yang hadir dalam kegiatan ini yakni terdiri dari Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Kecamatan Nganjuk, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kecamatan Nganjuk, Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Kecamatan Nganjuk, Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ahmad Dahlan STKIP PGRI Nganjuk, PC IMM Kabupaten Nganjuk, para santri TPQ Al-Hikmah Mangundikaran, serta beberapa warga setempat yang hadir dalam acara tersebut.

Ustadz Juwari S.Pd, Ketua Lazismu Kabupaten Nganjuk menyampaikan, "Kegiatan ini salah satu dari rangkaian acara penutup dalam program Ramadhan Berbagi, InsyaAllah kami akan terus melayani Umat dari berbagai komunitas," ujar Ustadz Juwari saat sambutan sekaligus Kultum jelang berbuka.

Lebih lanjut, Beliau mengaku senang bisa berkolaborasi dengan anak-anak muda untuk merealisasikan sejumlah program dalam pentasarupan donasi dari umat. Agenda sharing, kolaborasi dan sinergigitas seperti ini semoga bisa berkelanjutan untuk menumbuhkan sikap
filantropis warga setempat," ungkapnya.

Senada dengan Ketua KORDA FOKAL IMM Kabupaten Nganjuk, M. Roissudin, M.Pd. mengaku senang bisa menggelar acara Ramadhan Berbagi sekaligus melatih kepedulian kepada sesama, "Zaman sekarang trendnya yakni mengembangkan sikap filantropi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, ada yang berdonasi, ada yang berkontribusi tenaga, ada yang branding kegiatan intinya bersama-sama untuk bersinergi," ujarnya.

Menurut Majelis Tabligh PWM Jawa Timur, "Potensi Zakat masyarakat saat ini belum maksimal bisa dikumpulkan ke Lembaga zakat (Laz) yang ada, melainkan disalurkan secara parsial oleh muzaki. Sehingga, jumlahnya belum signifikan," ungkapnya.

Dia menambahkan, "Jika terkumpul potensinya sangat besar, dan bisa digunakan untuk program pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan," imbuhnya.

Septi Sartika, Ketua Pelaksana dari kegiatan Ramadhan Berbagi ini mengaku terkesan dengan acara yang digelar jelang berbuka puasa. Menurutnya dengan adanya kegiatan ini bisa berinteraksi dan merasakan suka dukanya kaum Dhuafa dan Yatim Piatu serta dapat menumbuhkan rasa empati kepada sesama. "Senang bisa interaksi dengan banyak orang dan terlibat dalam program sosial seperti ini, Insya Allah saya siap untuk terlibat kembali dalam acara seperti ini. Dan semoga kegiatan ini terus berkelanjutan di setiap momen Ramadhan," ujarnya.

Mijan, S.H. selaku Sekretaris Lazismu Kabupaten Nganjuk menjelaskan bahwa, "Agenda santunan dan Kado Ramadhan digelar setiap tahun di berbagai tempat yang berbeda, dengan mengutamakan sistem kolaborasi," ungkapnya.

Menurutnya, lebih bisa memberdayakan masyarakat dalam posisi yang sejajar, "Sistemnya sekarang lebih kolaboratif. Artinya, tidak semua donasi dari Lazismu, tetapi juga partisipasi dari masyarakat dan aghniya' lebih diutamakan," ujarnya.

Berdasarkan data yang di himpun, jumlah paket dari kegiatan Ramadhan Berbagi yang disalurkan dalam satu titik terdiri dari 30 Paket Ramadhan dan 20 paket Fidyah dari para donatur dan mitra. 

"Kita juga menggelar di empat titik kegiatan Bakti Sosial Ramadhan Berbagi dalam minggu ini. Semoga dengan adanya kegiatan ini nantinya dapat membantu masyarakat yang lebih membutuhkan dan bisa meningkatkan rasa empati terhadap masyarakat sekitar," pungkas Ketua KORDA FOKAL IMM Kabupaten Nganjuk ini.


Reporter: Septi Sartika (Tim Redaktur Pelaksana IMM Pos)
Naufal Afif
Naufal Afif Editor Kuliah Al-Islam, Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor, Ketua Umum IMM UIKA 2018-2020

Posting Komentar untuk "Fokal IMM dan Lazismu Kabupaten Nganjuk, Sukses Gelar Kegiatan Ramadhan Berbagi"

4-comments