Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Endang Hartiningsih, S.Pd, Terpilih Kembali Sebagai Ketua Umum Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Genteng Periode 2022-2027

 

Musyawarah Cabang (MUSYCAB) 'Aisyiyah ke-11 Genteng sukses digelar pada Ahad, (21/05/2023) yang berlangsung di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 2 Genteng, Desa Setail, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan ini mengusung tema: “Perempuan Berkemajuan Mencerahkan Peradaban Bangsa."

Prosesi pembukaan Musycab telah usai, peserta Musycab ‘Aisyiyah diarahkan ke ruang sidang. Kegiatan Musycab ‘Aisyiyah ini juga dihadiri oleh 65 orang, yang terdiri dari wakil Badan Pembantu Tingkat Cabang, wakil Pimpinan Ortom Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) tingkat cabang, unsur perempuan dan perwakilan dari tiap ranting.

Acara ini dimulai dengan pembacaan tata tertib Musycab dan disambung pidato yang disampaikan oleh Ketua PCA Genteng periode 2016-2022, Endang Hartiningsih, S.Pd. Beliau menyampaikan bahwa tema kali ini yakni “Perempuan Berkemajuan Mencerahkan Peradaban Bangsa", merupakan tema yang diangkat pada Muktamar 48 yang mana memiliki makna penting berupa gambaran arah pandangan ‘Aisyiyah dalam perjuangan yang sungguh-sungguh, salah satunya dengan memajukan perempuan dalam mengukir peradaban bangsa yang mencerahkan. 

“Tema tersebut merujuk pada visi ‘Aisyiyah sebagaimana tercantum dalam tiga pokok pikiran yaitu tiga visi gerakan ‘Aisyiyah, antara lain: Islam berkemajuan, gerakan pencerahan, perempuan berkemajuan dalam mencerahkan kehidupan bangsa,” ungkapnya.

Selanjutnya, pengarahan dari PDA yang diwakili oleh Ibu Hj. Robithoh Azizah, S.Pd.. Dalam sambutannya beliau mengingatkan kembali kepada para musyawirin untuk mengaktualisasikan karakter perempuan berkemajuan dalam kehidupan sehari-hari yang telah dikupas pada Musyawarah Daerah (MUSYDA) ke-7 ‘Aisyiyah Banyuwangi. Adapun karakter perempuan berkemajuan terdiri dari 7 hal, yaitu iman dan takwa yang tidak hanya di dalam hati melainkan teraktualisasi secara nyata, taat beribadah kepada Allah, memiliki akhlak mulia sebagai wujud kesempurnaan iman, berpikir tajdid, dan memiliki sikap inklusif yakni terbuka dengan siapapun.

Beliau berharap kepada Ibu-Ibu ‘Aisyiyah agar dapat menggiatkan gerakan membaca dan literasi dalam kehidupan sehari-hari, agar dapat menjadikan diri sebagai seorang perempuan yang berkemajuan. Sehingga, dapat menjadi suri tauladan bagi keluarga hingga lingkungan sekitar.

Lebih lanjut, penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) kepengurusan periode 2016-2022. 

Lebih lanjut, acara dilanjutkan dengan tanggapan dan dinamika ranting dari perwakilan masing-masing ranting disambung dengan pembahasan program kerja sekaligus pengesahan. Kemudian dilanjutkan proses pemilihan calon formatur tetap. Pembacaan tata tertib pemilihan dilakukan oleh Ketua Panitia Pemilihan, Shinta Ayu Kiranasari yang dilanjutkan pemilihan pimpinan.

Selanjutnya, diadakan rapat formatur bagi calon formatur terpilih yang memiliki suara terbanyak. Berikut hasil E-Voting Calon Formatur dengan suara terbanyak:  

1. Shinta Ayu Kurniasari, M.Pd.I : 28 Suara

2. Choirul Hidayat, S.Pd : 25 suara

3. Ani Sudarmi, S.Pd : 24 suara

4. Citra Kumalasari, M.Pd : 23 suara

5. Endang Hartiningsih, S.Pd : 22 suara

6. Sringatun, S.Pd : 15 suara

7. Nur Hidayah, S.Pd : 15 suara

Dari hasil rapat formatur memutuskan bahwa Endang Hartiningsih, S.Pd, terpilih kembali sebagai Ketua Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Genteng periode 2022-2027 dan Citra Kumalasari M.Pd. terpilih sebagai Sekretaris PCA Genteng periode 2022-2027. Suasana haru dan senang meliputi para musyawirin. Kemudian, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara Ketua dan Sekretaris terpilih.

Endang Hartiningsih, S.Pd, sebagai Ketua terpilih juga menyampaikan sambutan singkatnya, “Ucapan terima kasih kepada ibu-ibu yang telah mendukung atau memilih dan mempercayai saya untuk menjadi ketua periode 2022/2027 yang kedua kalinya menjabat. Mudah-mudahan saya dapat menjalankan amanah ini dengan baik, dan tentunya tidak lepas dari dukungan semua warga Muhammadiyah yang ada di cabang Genteng," ujarnya.

Proses pemilihan dilakukan dengan E-Voting yang dipandu oleh tim IT dari SMA Muhammadiyah 2 Genteng. Terdapat 33 orang yang memiliki hak pilih, yang terdiri dari perwakilan 2 orang dari 10 ranting dan anggota PCA Genteng. Selama proses pemilihan berlangsung, PCA Genteng mengadakan kuis berhadiah bagi para peserta musycab, sehingga suasana menjadi lebih meriah dan semarak.



Reporter : Nur Hidayatun N. A. N. (Kader IMM Banyuwangi)

Editor : Septi Sartika (Tim Redaksi Pelaksana IMM Pos)

Posting Komentar untuk "Endang Hartiningsih, S.Pd, Terpilih Kembali Sebagai Ketua Umum Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Genteng Periode 2022-2027"

4-comments