Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PC IMM Kendal Jelaskan Efektifitas dan Efisiensi Penggunaan E-voting

Musyawarah Daerah (Musyda) Muhammadiyah dan Aisyiyah Ke-X Kabupaten Kendal dilakukan di patean 13-14/5/23. Dalam Musyda tersebut Muhammadiyah Kendal menyepakati pengunaan e-voting sebagai media pemungutan suara dari Setiap Musyawirin. Hal tersebut dirasa memberikan kemudahan berupa efektivitas dan efesiensi. Berikut ini penjelasan Ketua Bidang Hikmah, Politik dan Kebijakan Publik PC IMM Kendal terkait penggunaan e-voting tersebut.

Pertama, Sistem e-voting merupakan metode yang dipakai untuk memungut dan penghitungan suara yang masuk dalam sebuah pemilihan menggunakan perangkat elektronik. Biasanya e-voting dilakukan dengan menggunakan komputer melalui web standar kepemerintahan. Ada juga di beberapa negara yang memakai mesin tertentu dan sudah terhubung dengan internet.

Kedua, rancangan konsep e-voting ini mengedepankan sistem yang saling terintegrasi antara registrasi, penjaringan, dan proses pemilihan. Pada saat pemilihan, para peserta hanya tinggal menekan button pilihannya pada layar. Proses perhitungan suara juga secara otomatis dilakukan oleh sistem yang kemudian hasilnya dapat langsung ditampilkan dalam grafik.
 
Ketiga, keuntungan penggunaan e-voting seperti memotong pengeluaran sumber daya yang menjadikannya lebih hemat dan efisien. Lalu dari segi waktu akan menghitung suara dengan kalkulasi serta pendataan yang lebih cepat, tepat dan rinci. Penggunaan e-voting juga mampu mengurangi terjadinya kasus human error selama sistem beroperasi dari berbagai ancaman kejahatan.

Keempat, Kehadiran sistem e-voting di berbagai musyawarah di Muhammadiyah merupakan konsekuensi logis dari era digital. Sebagai gerakan Islam yang fleksibel dengan perkembangan zaman, Muhammadiyah telah mampu melakukan adaptasi. Dengan pergerakan yang adaptif terhadap perubahan teknologi dan audiensi, Muhammadiyah optimis bisa terus berkembang di masa yang akan datang.

Kerumitan dan berbagai kendala dalam pelaksanaan proses pemilihan umum menjadikan manusia berfikir, bagaimana dapat menciptakan sebuah sistem yang lebih efektif dan efisien. Di sisi lain, perkembangan teknologi telah banyak memberikan manfaat signifikan karena memberikan berbagai kemudahan baik dari segi akses maupun biaya. Pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan pemilihan umum akan memacu efektivitas dan efisiensi pelaksanaannya dari proses konvensional kepada model pemungutan suara secara elektronik (e-voting).

Naufal Afif
Naufal Afif Editor Kuliah Al-Islam, Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor, Ketua Umum IMM UIKA 2018-2020

Posting Komentar untuk "PC IMM Kendal Jelaskan Efektifitas dan Efisiensi Penggunaan E-voting"

4-comments