Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

IMM Ushuluddin FIAD UM Surabaya Sukses Gelar Pekan Ilmiah : Ahlul Haq Wassunah dalam Matan HPT Muhammadiyah


Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ushuluddin Fakultas Ilmu Agama dan Dakwah (FIAD) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya sukses menggelar kegiatan Pekan Ilmiah Batch 1 pada Rabu, (21/06/2023) yang berlangsung di Rooftop Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Kegiatan Pekan Ilmiah Batch 1 ini diselenggarakan langsung oleh bidang Riset Pengembangan Keilmuan (RPK) PK IMM Ushuluddin FIAD UM Surabaya yang diketuai oleh Sultan Fattahillah Puara atau biasa disapa Sultan. 

Adapun pemateri dalam kegiatan Pekan Ilmiah Batch 1 ini yaitu Dwi Jaka Anandika Kutsi, S.Ag selaku Ketua Bidang Dakwah dan Pengkajian Agama Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Bangkalan. Dan turut hadir juga Iman Permadi, M.A. selaku Alumni terbaik Program Studi Studi Agama-agama (SAA) UM Surabaya tahun 2014.

Iman Permadi, M.A. sebagai Alumni SAA UM Surabaya menyampaikan kesannya sebagai penanggap dalam kegiatan tersebut, "Ini merupakan bagian dari upaya untuk merajut ekosistem akademis di lingkar aktivisme IMM. Selain berjibaku dalam kontestasi positioning, kader IMM juga harus menyiapkan diri untuk layak berada pada pos-pos keahlian masing-masing," ungkapnya.

Dia pun menambahkan, "Tentunya, berangkat dari tradisi keilmuan yang serius dan terikat dengan komitmen dari visi dan misi persyarikatan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Iman menyampaikan beberapa tanggapan terkait diadakannya kegiatan pekan ilmiah ini, "Energi baik ini perlu dilatih untuk dapat Istiqomah. Tentunya, dengan karya-karya ilmiah dari hasil jerih pilot kader IMM sudah semestinya diapresiasi dengan tidak hanya mendialogkannya secara luas. Namun, harapannya akan terbentuk iklim perkaderan akademisi yang support dan akomodatif di dalam persyarikatan," ujarnya.




Adapun materi yang disampaikan oleh pemantik dalam pekan Ilmiah Batch ini yaitu berkaitan dengan Ahlul Haq Wassunah dalam matan buku HPT Bagian Ketuhanan Perspektif Wahyudi Sarju Abdurrahim. Pada mulanya diawali dengan penjelasan dari pemantik tentang ilmu Mantiq yaitu ilmu logika dalam kewarasan berpikir sebagai prolog, berikutnya pemateri menyampaikan perihal teknis kepenulisan abstrak secara detail dan rinci dan pencarian sumber tulisan ilmiah dengan koleksi keilmuan dari kitab klasik yang telah dikuasai oleh pemateri. 

Lebih lanjut, pemateri juga menjelaskan tentang bagaimana latar belakang pemateri dalam membuat jurnal ilmiah. Tentunya, juga membahas tentang biografi singkat dari Wahyudi Sarju Abdurrahim sebagai tokoh yang mengkaji pandangannya terhadap madzhab akidah Muhammadiyah yang tertulis dalam buku Himpunan Putusan Tarjih (HPT) Muhammadiyah.

Dalam kegiatan pekan Ilmiah Batch 1 tersebut terdapat inti materi yang telah disampaikan oleh pemateri yaitu peserta seolah-olah diarahkan untuk meneliti dan mendalami metodologi yang digunakan oleh Wahyudi Abdurrahim dalam melacak kesamaan teks yang terdapat dalam buku HPT Muhammadiyah bab Iman dengan kitab-kitab klasik karya dari para ulama kalam. Yang berfokus pada dua kelompok yaitu madzhab kalam, yaitu karya Imam Asy'ari dan Muhammad bin Abdul Wahhab serta menyambungkan pemikiran modernis Muhammadiyah dengan warisan intelektual umat Islam di masa lampau. Secara spesifik, hal ini dilakukan dengan melakukan studi komparasi terhadap matan HPT Muhammadiyah Bab Iman dengan kitab-kitab klasik (turats).



Reporter : Septi Sartika (Tim Redaksi Pelaksana IMM.Pos)

Posting Komentar untuk "IMM Ushuluddin FIAD UM Surabaya Sukses Gelar Pekan Ilmiah : Ahlul Haq Wassunah dalam Matan HPT Muhammadiyah"

4-comments