Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

KONTRIBUSI DAN IMPIAN SEORANG KADER MUHAMMADIYAH

Sebagai seorang kader biologis, keinginan untuk bergabung dengan Muhammadiyah sudah ada sejak saya lahir. Namun, saya merasa perlu untuk lebih memahami apa itu Muhammadiyah dan visi misinya. Seiring berjalannya waktu, saya mulai memperlajari sejarah Muhammadiyah dan perjuangan Kyai Haji Ahmad Dahlan dalam mendirikannya. Saya juga belajar tentang ideologi Muhammadiyah yang menurut saya sangat relevan untuk diikuti dalam mengarungi kehidupan ini. Saya merasa yakin dan percaya bahwa visi misi Muhammadiyah dapat membantu saya dalam mencapai tujuan hidup saya. Terutama, dalam mempersiapkan diri untuk akhirat. Oleh karena itu, saya merasa tertarik dan ingin bergabung dengan Muhammadiyah. Dalam pandangan saya, Muhammadiyah bukan hanya sebuah organisasi atau gerakan, tetapi juga sebuah tempat untuk belajar dan berbuat yang baik.

Saya percaya bahwa dengan bergabung dengan Muhammadiyah, saya dapat meningkatkan kualitas hidup saya serta memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar dan masyarakat secara luas. Akhir kata, saya berharap agar kecintaan saya kepada Muhammadiyah dapat memberikan dampak positif bagi diri saya sendiri dan lingkungan sekitar, serta dapat sesuai dengan prinsip Muhammadiyah yang menjunjung tinggi kebersamaan dan kerja sama. Muhammadiyah memiliki peranan yang sangat besar dalam membangun masyarakat lebih baik. Sebagai gerakan dakwah, Muhammadiyah berkontribusi dalam memperbaiki akhlak dan menjadikan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Muhammadiyah bukan hanya gerakan teori, tapi juga sudah terlihat nyata peranannya dalam masyarakat dengan banyaknya amal usaha yang membantu masyarakat secara langsung.

Visi misi Muhammadiyah yang konkrit ini dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas, dan menjadikan Muhammadiyah sebagai gerakan Amar ma’ruf nahi mungkar yang bermanfaat bagi masyarakat. Visi dan misi Muhammadiyah adalah menjadikan masyarakat islam yang sebenar-benarnya dengan semangat islam yang maju dan berkembang. Muhammadiyah sebagai organisasi yang mengedepankan inovasi dan modernitas, terus berkontribusi dengan sumbangsih nyata dalam bentuk amal usaha dan karya-karya untuk dirasakan langsung oleh masyarakat. Meskipun sudah banyak upaya dilakukan, Muhammadiyah tetap berjuang untuk menciptakan masyarakat yang lebih beradab di masa depan. Meskipun ada orang yang menganggap Muhammadiyah sebagai organisasi biasa atau bahkan sebagai organisasi sesat, pandangan tersebut dapat dibantah dengan fakta-fakta sejarah dan karya-karya Muhammadiyah yang nyata dan dirasakan langsung oleh masyarakat.


Muhammadiyah hari ini merupakan organisasi islam terbesar dan terkaya di dunia, yang memberikan kontibusi besar bagi pengembangan pendidikan dan sosial masyarakat terhadap Muhammadiyah menjadi bukti bahwa Muhammadiyah tidak hanya organisasi biasa, melainkan juga organisasi yang diberkahi dan dihormati oleh banyak orang. Muhammadiyah adalah organisasi yang beradaptasi dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini. Muhammadiyah tidak hanya mengikuti pekembangan zaman, tetapu juga mengangkat narasi berkemajuan dan modernitas sesuai dengan prinsip-prinsip islam. Muhammadiyah yakin bahwa perkembangan zaman dan teknologi adalah sebuah metode dan alat yang harus digunakan untuk memperbaiki kondisi dunia dengan memperhatikan kemaslahatan islam. Teknologi juga digunakan sebagai wahana dakwah dan untuk mengembangkan agama islam itu sendiri. Oleh karena itu, Muhammadiyah selalu berinovasi dan berkomitmen untuk terus beradaptasi dengan perkembangan zaman dan teknologi. Sebagai seorang kader Muhammadiyah, kita dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan Muhammadiyah.

Kita dapat aktif di organisasi atau ortonom yang ada di jenjang kita, seperti di IPM saat di SMP/SMA atau di IMM saat kuliah. Kita juga dapat aktif di Pemuda Muhammadiyah atau di Muhammadiyah itu sendiri. Selain aktif di organisasi, kita juga harus mengeluarkan segala daya upaya dan pikiran kita untuk kemajuan Muhammadiyah. Kontribusi bisa dilihat dari sudut pandang yang berbeda-beda, tergantung pada jenjang dan kondisi yang ada. Sebagai contih, kita bisa membantu mejalankan perkaderan untuk merekrut orang-orang yang belum paham tentang Muhammadiyah, membuat acara pengajian, kegiatan perkaderan, dan berpartisipasi di dalam suatu amal usaha seperti rumah sakit atau guru. Yang penting bagi seorang kader Muhammadiyah adalah semangat perjuangan untuk memajukan Muhammadiyah, tidak peduli apa jenjang atau kondisinya. Setiap upaya dan kontribusi akan selalu penting dan dihargai untuk menjadikan Muhammadiyah lebih maju.

Akhir kata, Bergabung dengan Muhammadiyah, saya dapat banyak memperoleh ilmu, pengalaman, dan keluarga yang sangat berharga. Meskipun saya belum dapat memberikan banyak kontibusi untuk Muhammadiyah, namun apa yang saya dapatkan selama bergabung, yaitu kekuatan dalam keimanan dan pemahaman akan makna kehidupan yang sebenar-benarnya, merupakan hal yang sangat berharga dalam hidup saya. Impian saya terhadap kenaikan peran Muhammadiyah ke depan adalah untuk semakin melebarkan sayap di Indonesia dan ke luar negeri, serta menyebarkan nilai-nilai Islam yang baik. Saya berharap Muhammadiyah dapat melahirkan kader-kader yang militan dan lurus, dengan semangat perjuangan kepentingan Islam, dan menjadikan Muhammadiyah sebagai organisasi yang berkualitas untuk berangkat menuju surga.



Oleh: Wanda Nabila Ma’wadah
Naufal Afif
Naufal Afif Editor Kuliah Al-Islam, Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor, Ketua Umum IMM UIKA 2018-2020

Posting Komentar untuk "KONTRIBUSI DAN IMPIAN SEORANG KADER MUHAMMADIYAH"

4-comments