Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pimpinan Ranting 'Aisyiyah Temuguruh Sukses Gelar SCA yang ke-60 dengan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

 


Pimpinan Ranting (PR) 'Aisyiyah Temuguruh kembali menggelar kegiatan Shodaqoh Canthelan 'Aisyiyah (SCA) pada Ahad, (11/06/2023) yang berlangsung di Halaman Masjid At-Taqwa Dusun Alas Kobong, Desa Temuguruh, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan SCA kali ini telah memasuki putaran yang ke-60 yakni giliran Dusun Alas Kobong. Kegiatan ini sangat spesial karena tidak hanya membagikan sembako, melainkan juga terdapat kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis untuk masyarakat umum. 

Segala lini terlibat secara penuh dalam kegiatan ini. 'Aisyiyah Ranting Temuguruh juga berkolaborasi dengan IMFAWANGI (Ikatan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Banyuwangi) yang diketuai oleh dr. Laras Hawaning Kinasih selaku penggagas kegiatan pengobatan gratis dan dibantu oleh 10 dokter dari IDI Cabang Banyuwangi KORWIL Rojogampi, DINKES (Dinas Kesehatan) Pukesmas Karangsari, Lazismu Temuguruh, Pemerintah Desa Temuguruh, Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Cabang Sempu untuk mensukseskan kegiatan bakti sosial ini.

Tujuan dari kolaborasi ini yaitu untuk membantu kaum dhuafa dengan memberikan bantuan sembako dan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat secara gratis agar masyarakat sehat dan sejahtera. 

Hamsiyah, S. Pd. Selaku Sekretaris Pimpinan Ranting 'Aisyiyah Temuguruh sekaligus Sekretaris kegiatan Shodaqoh Cantelan 'Aisyiyah Ranting Temuguruh menjelaskan bahwa total sasaran dari kegiatan SCA ini sebanyak 177 orang terdiri dari 57 penerima sembako dan 119 pasien yang dilayani.

"Mulanya persiapan yang dilakukan yaitu pengumpulan data kaum dhuafa yang berhak menerima dan pengumpulan dana. Dana yang terkumpul tidak hanya dari pengajuan dana kepada Lazismu Temuguruh, melainkan dari berbagai sumber," ungkapnya.

Beliau pun menambahkan, "Disamping itu, setiap kegiatan pengajian 'Aisyiyah ada kaleng Untuk kegiatan SCA, yang diisi oleh ibu-ibu 'Aisyiyah. Serta Para Donatur yang menitipkan donasinya, baik dari Temuguruh maupun dari luar desa Temuguruh," imbuhnya.

Beliau juga menjelaskan, "Kemudian masih ditambah lagi laba dari hasil penjualan kue tradisional dari ibu-ibu 'Aisyiyah yang berjualan di pasar Sore "Lingsir Wengi" desa Temuguruh. Yang mana seluruh laba dari penjualan itu untuk kegiatan SCA," ujarnya. 

Beliau juga berharap penuh akan keberlanjutan dan keberlangsungan kegaitan SCA ini.

"Kami berharap kedepannya semoga kegiatan baik ini bisa terus berlanjut dan berkembang tidak hanya di desa Temuguruh saja melainkan bisa berbagi sampai di luar wilayah desa Temuguruh," tuturnya.

Rangkaian dari kegiatan ini berupa pembagian sembako kepada kaum dhuafa yang terdaftar pada persiapan acara, pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis berupa pengecekan tekanan darah, kolesterol, gula darah, serta asam urat. 

Kegiatan ini melibatkan sebanyak 60 orang diantaranya yaitu 25 orang dari pengurus SCA dan 35 orang sebagai peserta relawan yang terdiri dari warga lingkungan sekitar tempat pelaksanaan kegiatan bakti sosial. Berkat antusias para relawan yang terjun langsung dan terlibat dalam acara tersebut, sehingga acara bakti sosial SCA dapat sukses terlaksana.



Reporter : Nur Hidayatun Ni'mah Alfia Nisa' (Kader IMM Banyuwangi)
Editor : Septi Sartika (Tim Redaksi Pelaksana IMM Pos)

Posting Komentar untuk "Pimpinan Ranting 'Aisyiyah Temuguruh Sukses Gelar SCA yang ke-60 dengan Pemeriksaan Kesehatan Gratis"

4-comments