Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Semarak MUSYCAB ke-V, PC IMM Lumajang Gelar Seminar Kebangsaan Bertajuk Peran Mahasiswa dalam Menghadapi Pemilu 2024

 


Dalam rangka semarak Musyawarah Cabang (MUSYCAB) ke-V, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Lumajang menyelenggarakan Seminar Kebangsaan pada Selasa, (13/06/2023) yang berlangsung di Aula Gedung Dakwah Muhammadiyah (GDM) Lumajang.

Seminar kebangsaan kali ini mengusung tema yaitu “Peran Mahasiswa dalam Menghadapi Pemilu 2024." Yang mana seminar ini diadakan karena Pemilu tahun depan sudah dekat. Serta tujuan lainnnya yakni agar para mahasiswa bisa lebih memahami makna politik dan pentingnya berpartisipasi dalam Pemilu.

Acara seminar di awali dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu-lagu (Indonesia Raya, Mars Muhammadiyah, dan Mars IMM), serta laporan Ketua Panitia, lalu sambutan dari Ketua Umum PC IMM Lumajang. 

Setelah sesi pembukaan acara ditutup, maka dilanjutkan dengan seminar yang disampaikan oleh dua narasumber yaitu Ibu Wakil Bupati Lumajang, Ir. Hj. Indah Amperawati Masdar, M.Si. dan Pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lumajang, Akhmad Mujaddid, S.Pd.I.

Dalam pemaparan materi yang di sampaikan oleh narasumber yang pertama yaitu mengenai "Peran Mahasiswa dalam Pemilu." Pembicara pertama yakni Ibunda Wakil Bupati Kabupaten Lumajang, Ir. Hj. Indah Amperawati Masdar, M.Si. Beliau menyampaikan materi pokok tentang Peran Mahasiswa dalam Pemilu serta tantangan apa saja yang dihadapi selama proses pencalonan.

Beliau menyampaikan bahwa, “Peran mahasiswa itu banyak pada Pemilu, mulai dari permohonan sampai pada penyelenggaraan," ungkapnya.

Tak hanya itu, Beliau juga menyemangati para mahasiswa yang hadir dalam seminar, agar bersemangat dalam demokrasi. “Demokrasi juga merupakan pesta, maka sebagai mahasiswa juga harus berpesta di dalamnya," ujarnya.

Beliau pun menjelaskan tentang peranan mahasiswa sebagai teladan di lingkungan sekitar. "Peran mahasiswa juga untuk menjadi contoh teladan di lingkungan masing-masing. Kita harus tetap semangat untuk Pemilu yang akan datang," tuturnya.

Usai penyampaian materi oleh Ibu Wakil Bupati dilanjutkan oleh pembicara kedua yang disampaikan langsung oleh Pimpinan Bawaslu Kabupaten Lumajang, Akhmad Mujaddid, S.Pd.I. dengan tema "Teknisi Pemilu dan Makna Politik." Materi disampaikan dengan detail mulai dari penyelenggara, peserta, hingga teknis Pemilu. 

Akhmad Mujaddid, S.Pd.I. selaku Pimpinan Bawaslu Kabupaten Lumajang mengatakan, “Karena para calon-calon itu banyak janji, tetapi jika sudah terpilih lupa dengan janjinya. Ibarat orang yang menikah tapi maharnya secara hutang dan ia tidak membayar hutang tersebut. Hal ini sama saja dengan zinah. Maka, dalam politik pun juga ada zinah politik," ungkapnya.

Beliau juga menyebutkan 3 cara untuk membedakan isue hoax atau fakta. "Pertama, lihat judul provokatif atau tidak. Kedua, sumber berita yang tidak jelas. Ketiga, kebenaran foto yang tertera," terangnya.

Mahasiswa tak hanya mendengarkan dan menyimak materi yang disampaikan, berbagai pertanyaan pun dilontarkan oleh beberapa perwakilan mahasiswa. Yang kemudian dijawab dengan rinci oleh pembicara kedua ini. Para peserta lain pun juga fokus untuk menyimak pembahasan seputar politik tersebut.

Setelah pemateri memaparkan meterinya, kedua narasumber menerima cinderamata dari PC IMM Lumajang sebagai bentuk ungkapan terimakasih atas kesediaannya telah hadir sebagai narasumber untuk acara seminar kebangsaan ini. Serta Ibu Wakil Bupati melakukan sesi foto bersama dengan para mahasiswa STKIP-STIT Muhammadiyah Lumajang.


Reporter : Salsabila Fitri (Kader IMM Lumajang)
Editor : Septi Sartika (Tim Redaksi Pelaksana IMM Pos)

Posting Komentar untuk "Semarak MUSYCAB ke-V, PC IMM Lumajang Gelar Seminar Kebangsaan Bertajuk Peran Mahasiswa dalam Menghadapi Pemilu 2024"

4-comments