Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tumbuhkan Ghiroh Perjuangan Keilmuan, Bidang RPK PK IMM Ushuluddin FIAD UM Surabaya Gelar Pekan Ilmiah Batch 1



Bidang Riset Pengembangan Keilmuan (RPK) Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ushuluddin Fakultas Ilmu Agama dan Dakwah (FIAD) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya menggelar kegiatan Pekan Ilmiah Batch 1 pada Rabu, (21/06/2023) yang berlangsung di Rooftop Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Kegiatan Pekan Ilmiah Batch 1 ini merupakan salah satu program kerja dari Bidang RPK PK IMM Ushuluddin FIAD yang berkolaborasi dengan alumnni dari lulusan terbaik UM Surabaya. Adapun tema yang diambil dari kegiatan tersebut yaitu "Ahlul Haq Wassunah dalam Matan HPT Muhammadiyah, Bagian Ketuhanan Perspektif Wahyudi Sarju Abdurrahim." Istilah Ahlul Haq dalam buku HPT Bab Iman dijadikan sebagai pintu masuk dalam pelacakan sumber-sumber literasi para ulama Tarjih dalam merumuskan HPT Muhammadiyah. 

Kegiatan Pekan Ilmiah Batch 1 ini dihadiri oleh 25 mahasiswa dari Program Studi Studi Agama-Agama (SAA) angkatan 2021 dan 2022. Serta beberapa mahasiswa dari Program Studi Eksternal juga ikut berpatisipasi dalam kegiatan tersebut.

Sultan Fattahillah Puara atau biasa disapa Sultan, sebagai Ketua Bidang RPK PK IMM Ushuluddin FIAD sekaligus moderator dalam acara tersebut menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan ini, "Kegiatan ini kami selenggarakan yaitu berawal dari kegelisahan dari beberapa mahasiswa semester 4, perihal lulus tepat waktu atau justru menjadi mahasiswa donator kampus. Kegiatan ini diinisiasi oleh salah satu alumni serta sebagai pengajar di kelas kami dengan tujuan untuk menumbuhkan ghiroh perjuangan keilmuan di lingkungan prodi SAA. Selain itu, ada tujuan yang lain yaitu bedah tugas akhir berupa jurnal ilmiah yang dapat menjadi pengantar studi penelitian," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dia menyampaikan pesannya kepada seluruh mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan Pekan Ilmiah tersebut, "Kami harap seluruh peserta dapat mempersiapkan berbagai pertanyaan, tanggapan, ataupun argumentasi pada kegiatan pekan Ilmiah Batch 2 yang akan datang. Sehingga, nalar kritis dan budaya keilmuan di lingkungan prodi SAA ini dapat terus berkelanjutan dan lebih masif untuk kedepannya," tuturnya.

Kegiatan Pekan Ilmiah Batch 1 ini berlangsung selama 2 jam. Dimulai pada pukul 15.30 WIB sampai dengan pukul 17.30 WIB. Diawali dengan registrasi peserta dan diakhiri dengan sesi diskusi untuk saling menanggapi antara peserta dengan pemateri. Kegiatan Pekan Ilmiah Batch 1 ini akan terus berkelanjutan dengan tema yang berbeda dari sebelumnya.


Reporter : Septi Sartika (Tim Redaksi IMM.Pos)

Posting Komentar untuk "Tumbuhkan Ghiroh Perjuangan Keilmuan, Bidang RPK PK IMM Ushuluddin FIAD UM Surabaya Gelar Pekan Ilmiah Batch 1"

4-comments