Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Musycab PCM Kecamatan Berbek Fokuskan pada Bidang Ekonomi


Musayawarah Cabang (Musycab) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Pimpinan Cabang 'Aisyiyah (PCA) Kecamatan Berbek dimulai dengan Pembukaan yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Berbek pada Sabtu, (29/07/2023) yang berlangsung mulai pukul 08.00 WIB.

Untuk kegiatan musyawarahnya dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Berbek yang dibuka oleh Ketua PCM Berbek, Pak H. Abdul Muhaimin pada pukul 10.31 WIB.

Kegiatan Musycab ini dimulai dengan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) yang disampaikan oleh Ketua PCM Berbek, H. Abdul Muhaimin. Untuk susunan pengurus, Ketua, H. Abdul Muhaimin. Sekretaris, Zainal Aqib. Bendahara, dr. Kasbunallah. Pengurus tetap seperti periode sebelumnya, hanya kurang Ustadz Juwari, yang sekarang diamanahi sebagai Ketua PDM Kabupaten Nganjuk dan ada beberapa tambahan anggota.

Hal yang mendesak segera wujudkan yaitu mengadakan fasilitas kantor PCM yang ada di lokasi AUM yaitu di lingkungan Perguruan SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk. Hal ini terkendala oleh dana. Namun dalam pertemuan itu Ketua PCM Berbek sanggup mem-backup. Tetapi Pak Danang, selaku Kepala SMK Muhammadiyah 1 Berbek belum menghitung biayanya.


Untuk mengembangkan ekonomi, Ketua PCM Berbek, H. Abdul Muhaimin. menawarkan dua strategi. Beliau menyampaikan bahwa, "Yang pertama yaitu kerja sama dengan AUM, yang kedua kerja sama dengan pengurus. Kedua strategi ini bisa membiayai kebutuhan persyarikatan," ungkapnya.

Untuk kegiatan ekonomi sudah mengembangkan usaha pertanian kerja sama dengan pengurus. Yang sudah menghasilkan adalah tanam tebu yang melibatkan seluruh pengurus. Contohnya, untuk mengairi tanaman tebu pengurus bergantian memantau. Yang sudah berhasil juga adalah penanaman durian yang akan bisa diberi label durenMu. Sedangkan, untuk tanaman mangga kurang berhasil. Seluruh hasilnya dari kegiatan ini untuk kegiatan Musycab.

Muhammadiyah di Berbek perlu kemandirian di bidang ekonomi. Untuk itu, peran Lazizmu Cabang perlu terus ditingkatkan. Dari kegiatan organisasi PCM Berbek mempunyai kegiatan dan kebijakan menarik. Yang pertama, rapat keliling di rumah pengurus secara bergiliran. Yang kedua, menginstruksikan PRM untuk mendata anggota yang sudah ber-NBM dan yang belum. Karena di wilayah ini banyak yang minta NBM.

Kelebihan PCM ini adalah sudah mempunyai perpustakaan yang ditempatkan di Mushola, namun belum ada yang membaca. Pengajian warga dan masyarakat, disediakan sarapan pagi. Dalam pengajian ini ada absen guru dan karyawan. Untuk santunan anak yatim dan PondokMu sepang, peran LazisMu sangat besar. Untuk ketua PCM Berbek secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Ketua Lazismu PCM Berbek, Pak Garim yang dengan "tlaten" mendatangi para donatur.

Adapun Program rutin kedepannya antara lain yaitu Kajian bulanan di PCM, Kajian tarjih. Disamping itu, PCM Berbek mewajibkan kepada para pengurus dan karyawan AUM untuk hadir dalam Kajian Fajar Mubarak. Dan memerintahkan kepada pimpinan PondokMu Sepang untuk mendaftarkan santrinya untuk ber-NBM.

Pimpinan Cabang Muhammdiyah (PCM) Kecamatan Berbek merancang pembuatan pupuk organik yang akan melibatkan santri PondokMu Sepang untuk proses produksinya. Semua perangkat sudah tersedia, hanya tinggal menjalankan. Itulah program PCM Kecamatan Berbek untuk lima tahun mendatang.




Reporter : Panggih Riyadi (Ketua Majelis Pustaka dan Informasi PDM Kabupaten Nganjuk)

Editor : Septi Sartika (Tim Redaktur Pelaksana IMM.Pos)

Posting Komentar untuk "Musycab PCM Kecamatan Berbek Fokuskan pada Bidang Ekonomi "

4-comments