Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PK IMM FEBI UINSA Surabaya Sukses Gelar Seminar Ekonomi Politik Bertajuk Peran Ekonomi dalam Membaca Tahun Politik

 


Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menyelenggarakan kegiatan Seminar Ekonomi Politik pada Sabtu, (01/07/2023) yang berlangsung di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 4 Pucang, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan ini mengusung tema tentang "Peran Ekonomi dalam Membaca Tahun Politik." Sebanyak 78 peserta yang mengikuti kegiatan seminar ini. Diantaranya terdiri dari kader PK IMM FEBI UINSA Surabaya dan beberapa tamu undangan dari lintas organisasi kampus UINSA Surabaya.


Eka Nur Wahyu Safitri Ramadhani atau biasa disapa Eka sebagai Ketua Umum PK IMM FEBI UINSA menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan ini, "Kegiatan ini berawal dari rangkaian RTL yang diadakan oleh kader IMM FEBI angkatan '22 pada hasil evaluasi DAD, karena ada beberapa materi terkait dengan ekonomi. Sehingga, kita melihat peluang di tahun 2024 sudah masuk di tahun politik. Jadi, kami merasa bahwa Muhammadiyah masih minim terkait pemahaman dalam pengembangan tentang politik. Maka, hal itulah yang menjadi pelopor di IMM UINSA untuk lebih peduli dan berpartisipasi dalam segala aspek. Khusus di bidang politik," ungkapnya.


Kemudian, Eka pun menjelaskan sedikit dari paparan materi yang telah disampaikan oleh pemateri pada kegiatan tersebut, "Materi yang disampaikan dalam seminar hari ini terkait sejarah ekonomi dan sejarah politik yaitu pengenalan tentang hubungan antara ekonomi dan politik, pengaruh pertumbuhan ekonomi dan politik keterkaitan kebijakan-kebijakan. Yang dapat dipahami yakni ekonomi politik itu ilmu yang mempelajari tentang interaksi antara kebutuhan ekonomi dan juga kekuasaan politik dan terkait tingkat pertumbuhan ekonomi pada politik bisa meningkat," jelasnya.


Lebih lanjut, Eka menyampaikan harapannya setelah diadakannya kegiatan ini, "Bagi teman-teman IMM ataupun peserta yang datang di seminar, agar lebih peduli lagi dalam ikut andil dalam kehidupan selanjutnya, baik dari segi ekonomi dan juga politik dan diharapkan teman-teman juga mampu untuk memahami bagaimana peran kita agar keberlangsungan Indonesia ini bisa lebih baik lagi," ujarnya.

Terakhir, Eka juga menyampaikan pesan kepada seluruh mahasiswa yang telah mengikuti seminar ini, "Tetaplah menjadi mahasiswa yang peka akan negara Indonesia, dan yang paling penting adalah untuk keberlangsungan dan juga kemaslahatan masyarakat, sehingga kita bisa menjadi mahasiswa yang peduli, faham dan ikut andil serta berproses dalam kancah politik," tuturnya.


Kegiatan Seminar Ekonomi Politik ini menghadirkan narasumber dari pakar ilmu politik dan pakar ekonomi serta praktisi ekonomi yaitu Achmad Room Fitrianto, S.E,. M.E.I,. M.A,. Ph.D selaku Wakil Dekan FEBI UIN Sunan Ampel Surabaya dan Muhammad Arfan Hajam, S.E., M.M., Ak selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik Institut Teknologi dan Bisnis Trenggalek.




Reporter : Septi Sartika (Tim Redaksi Pelaksana IMM.Pos)

Posting Komentar untuk "PK IMM FEBI UINSA Surabaya Sukses Gelar Seminar Ekonomi Politik Bertajuk Peran Ekonomi dalam Membaca Tahun Politik"

4-comments