Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PK IMM Buya Hamka UNIMAJU Sukses Gelar Kajian Keislaman Bertajuk Menelisik Gerakan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan

 


Pimpinan Komisariat (PK) Buya Hamka Universitas Muhammadiyah Mamuju (UNIMAJU) sukses menggelar kegiatan Kajian Keislaman pada Senin, (14/08/2023) yang berlangsung di Taman Karema Mamuju, Jalan Urip Sumoharjo, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Kegiatan kajian ini mengusung tema yaitu; Menelisik Gerakan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan. Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu agar dapat membidik dan mengetahui perspektif KH. Ahmad Dahlan mengenai gerakan Islam. Selain itu, Kajian ini diselenggarakan guna untuk menjaga komunikasi agar tidak putus sebagai ajang silaturrahmi kader IMM tanpa mengurangi urgensi dari materi yang akan dibahas.

Dalam kajian ini membahas sudut pandang KH. Ahmad Dahlan tentang agama, di mana pandangan KH. Ahmad Dahlan bahwasanya agama itu adalah tempatnya beramal, jadi orang yang beragama senantiasa melakukan hal-hal yang bernilai amal atau pahala.

Secara definisi, agama di artikan tidak kacau. Dan sejatinya orang yang beragama jauh dari dari sifat-sifat dengki dan serakah yang membuat hidupnya lebih tenang dan damai. Tidak hanya membahas sudut pandang KH. Ahmad Dahlan terkait agama, tetapi juga membahas soal metode berdakwah yang di lakukan oleh KH. Ahmad Dahlan dalam memberantas penyakit TBC di daerah Kauman serta keteguhan KH. Ahmad Dahlan dalam berdakwah.

Immawan mufadhal selaku Ketua Umum PK IMM Buya Hamka menyampaikan harapannya setelah diadakannya Kajian Keislaman ini, "Tentunya seluruh kader di akar rumput (komisariat) sudah mengenal bagaimana sudut pandang K.H. Ahmad Dahlan terkait agama Islam," ungkapnya.

Dia pun menambahkan, "Kemudian merefleksikan historis KH. Ahmad Dahlan yang Insya Allah akan diimplementasikan dalam mengarungi dunia sebagai umat Islam secara kaffah. Tentu dengan refleksi panjang atas warisan gerakan dakwah K.H. Ahmad Dahlan yang inklusif melahirkan kader-kader IMM yang inklusif dan tidak ekslusif," imbuhnya.

Lebih lanjut, Dia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada teman-teman Immawan dan Immawati yang telah hadir dalam Kajian tersebut, "Terima Kasih sudah meluangkan waktunya untuk bersama-sama berkumpul di taman-taman surga (Majelis Ilmu) dan bersama-sama mendalami sudut pandang K.H. Ahmad Dahlan mengenai gerakan Islam serta menjahit ukhuwah yang kiranya ada yang bolong sedikit," ujarnya.

Kajian ke-Islaman yang diselenggarakan oleh PK IMM Buya Hamka ini diikuti oleh 7 orang yang terdiri dari kader Komisariat UNIMAJU. Adapun pemantik dalam kajian tersebut yaitu Kakanda Mursalim S.E selaku Sekretaris Umum DPD IMM Sulbar.




Reporter : Septi Sartika (Tim Redaktur Pelaksana IMM.Pos)

Posting Komentar untuk "PK IMM Buya Hamka UNIMAJU Sukses Gelar Kajian Keislaman Bertajuk Menelisik Gerakan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan"

4-comments