Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PK IMM Pendidikan Biologi UMB Sukses Gelar Kajian Bertajuk Ego atau Hasil? Menjaga Fokus pada Tujuan Bersama dalam Organisasi



Pimpinan Komisariat (PK) Pendidikan Biologi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UMB) sukses menyelenggarakan kegiatan Kajian Riset Pengembangan Keilmuan (RPK) pada Rabu, (23/08/2023) yang berlangsung di Aplikasi Google Meeting.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mendiskusikan dan meningkatkan pemahaman kader IMM tentang dinamika ego di kalangan pimpinan dan kader. 

Kegiatan kajian ini mengambil tema tentang Ego atau Hasil? Menjaga Fokus Pada Tujuan Bersama dalam Organisasi". Tema tersebut merangkul terkait pemahaman bahwa fokus pada tujuan bersama. Dengan menempatkan kepentingan pimpinan diatas ego masing-masing individu, organisasi dapat mencapai hasil yang lebih kokoh dan berkelanjutan. 

Adapun makna yang terkandung dalam tema kegiatan ini yaitu mengajak para kader IMM untuk merenungkan tentang bagaimana ego individual dapat mempengaruhi hasil kolektif yang ingin dicapai. Pertentangan antara ambisi pribadi dan tujuan bersama sering kali menjadi tantangan yang muncul dalam pimpinan, dan tema ini mengajak untuk mengintropeksi diri yang mendalam tentang bagaimana dapat mengelola ego agar tidak menghambat perkembangan organisasi.

Nurmi selaku Ketua Umum Pikom Pendidikan Biologi UMB memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan kaian RPK ini, "Saya sangat mengapresiasi dengan upaya kader IMM dalam meningkatkan pemahaman kader tentang pentingnya kerja sama dan fokus pada tujuan bersama. Melalui diskusi ini, diharapkan para kader IMM dapat membangun kembali semangat kolaborasi yang kuat, serta dapat meningkatkan kapasitas kader dalam mencapai prestasi yang bermakna," ungkapnya.

Lebih lanjut, Immawan Hasan pun memberikan penjelasan terkait strategi untuk mengatasi ego dan menjaga fokus pada tujuan bersama, "Salah satu inti poin yang ditekankan adalah arti penting komunikasi terbuka dan penghargaan terhadap kontribusi setiap kader. Dengan memperkuat kualitas komunikasi dan membangun lingkungan yang inklusif, organisasi dapat mengurangi friksi ego dan mendorong perkembangan yang seimbang," ujarnya.

Beliau pun menambahkan, "Dalam hal ini, penerapan etika kerja yang tinggi dan tanggung jawab kolektif merupakan elemen kunci dalam mempertahankan keseimbangan antara aspirasi pribadi dan tujuan bersama," imbuhnya.

Immawan Hasan juga berharap kepada kader IMM untuk dapat menerapkan konsep-konsep yang tekah dibahas dalam kehidupan sehari-hari dan dalam kerja sama di organisasi. "Harapan kedepaannya semoga dapat memperkuat semangat kolaborasi dan meningkatkan hasil yang dicapai bersama," ungkapnya.

Pemateri juga menyampaikan pesannya kepada seluruh kader IMM yang telah mengikuti kegiatan ini, "Menjaga fokus pada tujuan bersama adalah kunci kesuksesan organisasi. Dengan mengatasi ego dan bekerja sama yang baik, kita dapat mencapai hasil yang lebih baik dan berkelanjutan," ujarnya.

Adapun pemateri dalam kegiatan kajian ini adalah Immawan Muhammad Hasan selaku Sekretaris Bidang KTI PC IMM Makasar Periode 2021-2022. Dan di moderatori oleh Immawati Mawar Lesnussa selaku Sekretaris Bidang RPK Pikom IMM Pendidikan Biologi UMB. Kegiatan kajian RPK ini diikuti oleh sekitar 50 orang yang terdiri dari kader IMM dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.



Reporter : Septi Sartika (Tim Redaktur Pelaksana IMM.Pos)

Posting Komentar untuk "PK IMM Pendidikan Biologi UMB Sukses Gelar Kajian Bertajuk Ego atau Hasil? Menjaga Fokus pada Tujuan Bersama dalam Organisasi"

4-comments