Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Lima Hari Ikuti Perkaderan DAMNAS IMM Bangkalan, Begini Kesan Tantra

 


Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Bangkalan menyelenggarakan kegiatan Darul Arqom Madya Nasional (DAMNAS) pada Kamis-Senin (07-11/09/2023) yang berlangsung di SD Muhammadiyah 1 Bangkalan, Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan perkaderan Darul Arqam Madya (DAM) Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Bangkalan mengambil tema “Repetitif Gerakan IMM: Membangun Kesadaran Diridalam Rangka Gerakan Berkemajuan”. Sebagai konsekuensinya, muatan materi yang dikaji dalam Darul Arqam Madya PC IMM Bangkalan merupakan hasil pembacaan reflektif dari kondisi realitas sosial, khususnya di Bangkalan sekaligus tantangan internal bagi gerakan IMM sendiri. 

Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan Darul Arqam Dasar ini adalah terbentuknya kesadaran diri kader sesuai dengan karakter atau identitas kader IMM, mampu mengusung dan mengimplementasikan gerakan-gerakan berkemajuan sebagai bentuk transformasi disiplin ilmu pengetahuan yang dimiliki, terbentuknya pola pikir analisis berkemajuan yang kritis dan ilmiah, dan tuntas dalam orientasi profil kader ikatan dan dapat direpresentasikan dalam keterampilan praktis yang baik.

Adapun materi yang telah disampaikan dalam kegiatan Darul Arqom Madya Naasional (DAMNAS) tersebut berjumlah 7 materi. Diantaranya yaitu Islam Transformatif dan Profetik (Nilai Keberpihakan), Muhammadiyah Abad Ke-2, 4 Lahan Diaspora IMM, Analisa Kesadaran Kritis, Analisis Sosial, Hakikat Seorang Intelektual, Politik Nilai Mahasiswa.

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh 22 kader IMM se-Indonesia. Seperti daerah Indonesia paling timur, Maluku, dari daerah Jawa timur, Sidoarjo, Gresik, Surabaya, lokal Bangkalan dari Jawa Tengah yakni Surakarta dan paling barat dari Jakarta Selatan.

Immawan Tantra Nuruddin Firdaus atau biasa disapa Tantra, sebagai salah satu peserta yang mengikuti kegiatan perkaderan DAM tersebut. Dia merupakan salah satu kader yang berasal dari Korkom IMM Universitas Muhammadiyah Sidoarjo sebagai Ketua Bidang Kader. Immawan Tantra juga  merupakan mahasiswa Fresh Grduated Sarjana Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Immawan Tantra menyampaikan tujuannya mengikuti kegiatan perkaderan ini. “Tujuan utama sebetulnya ingin upgrade ilmu lebih banyak lagi di DAMNAS Bangkalan kali ini, namun dibalik itu saya juga perlu menjadi uswah bagi kawan-kawan komisariat,” ungkapnya.

Dia pun menambahkan, “Menerapkan ilmu yang di dapat di DAM secara masif untuk kemajuan perkaderan di Sidoarjo khususnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Immawan Tantra juga menyampaikan kesannya selama mengikuti kegiatan perkaderan DAM ini. “Banyak kesan yang tertinggal dalam benak, mulai dari diskusi hingga saling bertukar pikiran satu sama lain. Namun teruntuk kawan-kawan DAM, jangan lupakan pertemanan kita walaupun hanya 5 hari, justru dari sini kita sudah menjadi keluarga yang bersama-sama memajukan IMM bahkan persyarikatan kedepannya” ujarnya. 

Kemudian, Dia pun menyampaikan harapannya setelah mengikuti kegiatan perkaderan ini. “Semoga dapat bertemu kembali dengan sosok-sosok pembaharu IMM yang lahir dari DAMNAS Bangkalan,” ungkapnya.

“Berdiskusi dengan teman-teman yang berbeda daerah menjadi pengalaman yang menarik. Mendapatkan berbagai pandangan dan insight baru terutama dalam sektor perkaderan,” pungkas Ketua Ketua Bidang Kader PK IMM Sidoarjo ini.



Reporter: Ike Sunyahni (Tim Redaktur Pelaksana IMM.Pos & Kader IMM Bangkalan)

Editor: Septi Sartika (Tim Redaktur Pelaksana IMM.Pos)

Posting Komentar untuk "Lima Hari Ikuti Perkaderan DAMNAS IMM Bangkalan, Begini Kesan Tantra"

4-comments