Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

MDMC Nganjuk Sukses Gelar Silaturahmi dan Pelatihan SPAB



Pelatihan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) sukses diselenggarakan di SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk, pada Ahad, (17/09/2023). Acara ini diadakan oleh MDMC Rayon 1 yang meliputi wilayah Kabupaten Nganjuk, Ponorogo, Ngawi, Magetan, Madiun Kota dan Pacitan.

dr. Burhan selaku Koordinator MDMC atau SPAB PDM Nganjuk menyampaikan dalam sambutannya, "Acara ini merupakan pertemuan rutin Rayon 1. Memanfaatkan momen ini, SPAB Nganjuk digunakan untuk "ngangsu kawruh, dari instruktur dan fasiltator Nasional MDMC dan BPBD Nasional," ungkapnya.

Adapun tujuan kegiatan ini yaitu untuk meringankan BPPD. Sementara itu, Edi Suwito selaku Koordinator SPAB mengatakan bahwa, "Dulu LRB (Lembaga Resistensi (ketahanan) Bencana) Silaturahmi ini bertujuan agar saling bersinergi antara MDMC, Lazismu menyatu dalam satu nama menangani bencana yaitu OMMER (One Momen One Muhammadiyah Respon)," ujarnya.

Dian Suprayogi selaku Koordinator BPBD Nganjuk sangat berterima kasih kepada Muhammadiyah karena sangat membantu dalam kesiap-siagaan penanganan bencana di Indonesia, khususnya di Nganjuk. 

Selanjutnya, Beliau menyampaikan bahwa, "Sebab bencana, ada dua macam yaitu alam, non alam. Non alam akibat perilaku manusia. Misalnya, budaya buang sampah sembarangan dan bangunan yang tidak berkualitas," ungkapnya.

Ketua PDM Kabupaten Nganjuk Ustadz Juwari, S. Pd., menyampaikan dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut terlebih dahulu. Beliau mengatakan, "Berkaca pada bencana banjir 2021 di Kota Nganjuk banyak rumah tokoh Muhammadiyah terkepung air. Untuk itu, perlu kesiapsiagaan tanggap bencana. Urusan bencana harus ditangani bersama. Kebersaaman Muhammadiyah luar biasa mulai garis terdepan MDMC," ujarnya.

Terakhir, Beliau menambahkan sebuah filosofi bahwa, "Suatu komunitas itu eksis jika ada aktivitas, yaitu kerja. Jumlah orang Muhammadiyah dan 'Aisyiyah tidak banyak, tetapi Dia terus memberi, semoga matahari-matahari di Nganjuk selalu bersinar," imbuhnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua PCM Kecamatan Nganjuk, Ketua dan perwakilan Ortom tingkat daerah dan Kepala Sekolah, AUM se- Kecamatan Nganjuk, Ketua PDM Kabupaten Nganjuk Ustadz Juwari, S.Pd., Ketua Lingkungan Hidup Priyo Sunarji, Koordinator BPPD Nganjuk Edi Suwito, dan Ketua SPAB beserta seluruh Koordinator enam SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana).



Reporter: Panggih Riyadi (Ketua Majelis Pustaka dan Informasi PDM Kabupaten Nganjuk)

Editor: Septi Sartika (Tim Redaktur Pelaksana IMM.Pos)

Posting Komentar untuk "MDMC Nganjuk Sukses Gelar Silaturahmi dan Pelatihan SPAB"

4-comments