Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perluas Wawasan Dinamika Perkaderan IMM, Anan Lahay Ikuti DAMNAS PC IMM Bangkalan



Perkaderan merupakan aspek yang fundamental bagi organisasi pergerakan, seperti halnya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), karena perkaderan dapat melanjutkan putaran roda kepemimpinan dan juga merupakan langkah-langkah pergerakan yang berkesinambungan.

Perkaderan tingkat DAM dijadikan sebagai ruang untuk mempertajam kembali nalar ideologis kader, kaderisasi formal DAM utamanya merupakan sebuah ruang untuk membekali kader dalam rangka memperbaharui pola, strategi dan aksi gerakan. PC IMM Kabupaten Bangkalan menyadari, pola-pola aktivisme gerakan mahasiswa yang usang tidak mampu lagi bertahan dalam memberi kontribusi pada penyelesaian persoalan di masyarakat.

Dalam hal ini, maka Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Bangkalan mengadakan kegiatan Darul Arqam Madya Nasional (DAMNAS) yang dilaksanakan pada tanggal Kamis-Senin, (07-11/09/2023) yang bertempatan di SD Muhammadiyah 1 Kabupaten Bangkalan. 

Adapun peserta dalam kegiatan DAM Nasional PC IMM Bangkalan kali ini berjumlah 22 orang. Peserta DAMNAS bukan hanya dari cabang setempat saja, melainkan juga dari berbagai wilayah di Indonesia. Seperti daerah Indonesia paling timur, Maluku, dari daerah Jawa Timur, Sidoarjo, Gresik, Surabaya, lokal Bangkalan. Dari Jawa tengah yakni Surakarta dan yang paling barat, Jakarta selatan.

Immawan Muh Anan Wais Lahay atau biasa disapa Anan sebagai salah satu peserta DAMNAS yang berasal dari PC IMM Kota Surakarta mengungkapkan, “Tujuan saya mengikuti kegiatan DAM ini tidak lain adalah ingin melihat, mengetahui, belajar, dan memahami secara langsung bagaimana IMM bangkalan mempertahankan marwah gerakannya ditengah dinamika sosio-kultural masyarakat madura,” ungkapnya.

Adapun materi yang telah disampaikan dalam kegiatan Darul Arqom Madya Nasional (DAMNAS) tersebut berjumlah 7 materi. Diantaranya yaitu Islam Transformatif dan Profetik (Nilai Keberpihakan), Muhammadiyah Abad Ke-2, 4 Lahan Diaspora IMM, Analisa Kesadaran Kritis, Analisis Sosial, Hakikat Seorang Intelektual, Politik Nilai Mahasiswa. 

Dari banyaknya materi yang telah disampaikan dalam kegiatan perkaderan tersebut, Immawan Anan menyampaikan bahwa materi yang paling Dia sukai dan kuasai adalah materi tentang Islam Transformatif dan profetik : nilai keberpihakan. Dan Muhammadiyah abad ke 2. Menurutnya, “Karena saya pribadi konsen keilmuannya senang dengan pembahasan kemuhammadiyahan, dan cukup mengikuti isu yang berkembang di muhammadiyah,” ujarnya. 

Dia pun menceritakan kesannya selama mengikuti kegiatan perkaderan ini. “Pelatihan Instruktur Dasar Bangkalan ini memiliki kesan yang seru dan menyenangkan,” ungkapnya. 

Disisi lain Immawan Anan juga menyampaikan tentang harapan setelah Dia mengikuti perkaderan DAMNAS PC IMM Bangkalan, “Bisa bertemu dan berkenalan dengan kawan-kawan IMM Bangkalan dan peserta DAM,” ujar Sekertaris Kesehatan PC IMM Kota Surakarta ini.

Semoga harapan serta tujuan yang ingin diraih dan dicapai selama mengikuti pengkaderan DAMNAS (Darul Arqam Madya Nasional) PC IMM Bangkalan ini dapat terwujudkan dan dapat menginspirasi para kader IMM diluar sana untuk tetap terus mengasah potensi yang dimiliki dan selalu berlomba-lomba melakukan kebaikan dalam satu nafas Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.





Reporter : Ike Sunyahni (Tim Redaktur Pelaksana IMM.Pos & Kader IMM Bangkalan)

Editor : Septi Sartika (Tim Redaktur Pelaksana IMM.Pos)

Posting Komentar untuk "Perluas Wawasan Dinamika Perkaderan IMM, Anan Lahay Ikuti DAMNAS PC IMM Bangkalan"

4-comments