Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Usai Ikuti DAMNAS PC IMM Bangkalan, Begini Kesan Sandi

 


Perkaderan merupakan aspek yang fundamental bagi organisasi pergerakan, seperti halnya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), karena perkaderan dapat melanjutkan putaran roda kepemimpinan dan juga merupakan langkah-langkah pergerakan yang berkesinambungan.

Perkaderan tingkat DAM dijadikan sebagai ruang untuk mempertajam kembali nalar ideologis kader, kaderisasi formal DAM utamanya merupakan sebuah ruang untuk membekali kader dalam rangka memperbaharui pola, strategi dan aksi gerakan. PC IMM Bangkalan menyadari, pola-pola aktivisme gerakan mahasiswa yang usang tidak mampu lagi bertahan dalam memberi kontribusi pada penyelesaian persoalan di masyarakat.

Dalam hal ini, maka Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Bangkalan mengadakan kegiatan Darul Arqam Madya Nasional (DAMNAS) yang dilaksanakan pada Kamis-Senin, (07-11/09/2023) bertempatan di SD Muhammadiyah 1 Kabupaten Bangkalan. 

Adapun peserta dalam kegiatan DAM Nasional PC IMM Bangkalan kali ini berjumlah 22 orang. Peserta DAMNAS bukan hanya dari cabang setempat saja, melainkan juga dari berbagai wilayah di Indonesia. Seperti daerah Indonesia paling timur, Maluku, dari daerah Jawa Timur, Sidoarjo, Gresik, Surabaya, lokal Bangkalan dari Jawa Tengah yakni Surakarta dan yang aling barat yakni dari Jakarta Selatan. 

Immawan Sandi Tuhuteru atau biasa disapa Sandi sebagai salah satu peserta Darul Arqam Madya Nasional yang berasal dari PC IMM Kota Ambon Maluku mengungkapkan “Tujuan saya mengikuti kegiatan DAM ini yaitu untuk melanjutkan tingkat pengkaderan dan bisa melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan,” ujarnya.

Adapun materi yang telah disampaikan dalam kegiatan Darul Arqom Madya Naasional (DAMNAS) tersebut berjumlah 7 materi. Diantaranya yaitu Islam Transformatif dan Profetik (Nilai Keberpihakan), Muhammadiyah Abad Ke-2, 4 Lahan Diaspora IMM, Analisa Kesadaran Kritis, Analisis Sosial, Hakikat Seorang Intelektual, Politik Nilai Mahasiswa.

Dia pun menceritakan kesannya selama mengikuti kegiatan perkaderan ini. “Terima kasih banyak untuk Instruktur dan panitia DAM serta teman-teman atas semua kebaikan selama kegiatan berjalan, momentum DAMNAS IMM Bangkalan akan menjadi cikal bakal sejarah untuk saya dan tetap saya simpan sejarah itu di benak paling dalam,” ungkapnya. 

Disisi lain Immawan Sandi juga menyampaikan tentang harapan setelah mengikuti perkaderan DAMNAS PC IMM Bangkalan ini, “Semoga dengan mengikuti perkaderan DAM ini, saya bisa merubah cara pengkaderan di Maluku,” ujar Kader PC IMM Kota Ambon Maluku ini.

Semoga harapan serta tujuan yang ingin diraih dan dicapai selama mengikuti pengkaderan DAMNAS (Darul Arqam Madya Nasional) PC IMM Bangkalan ini dapat terwujudkan dan juga bisa menginspirasi para kader IMM diluar sana untuk tetap terus mengasah potensi yang dimiliki dan selalu berlomba-lomba untuk kebaikan dalam satu nafas Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.



Reporter: Ike Sunyahni (Tim Redaktur Pelaksana IMM.Pos & Kader IMM Bangkalan)

Editor: Septi Sartika (Tim Redaktur Pelaksana IMM.Pos)

Posting Komentar untuk "Usai Ikuti DAMNAS PC IMM Bangkalan, Begini Kesan Sandi"

4-comments