Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

IMM Kota Tangerang Sukses Selenggarakan DAMNAS dan PID Nasional 2023



Tangerang - Bertempat di Wisma Atlet Kota Tangerang, Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Tangerang melaksanakan dua perkaderan penting yaitu Darul Arqam Madya (DAM) & Pelatihan Instruktur Dasar (PID) secara nasional. Kabupaten Tangerang. 

Dengan mengangkat tema DAMNas " 2024 : Titik Nadir IMM?" dan "Instruktur Defisit Kompetensi” sebagai tema PIDNAS, pada hari Selasa - Sabtu 26-30 September 2023. Agenda DAMNAS & PIDNAS 2023 dihadiri oleh Dewan Pimpinan Daerah IMM Banten (DPD), Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tangerang (PDM), perwakilan dari Universitas Muhamamdiyah Tangerang (UMT) dan peserta dari seluruh Indonesia yang lulus pada tahap-tahapan kegiatan.


Pada pembukaan kegiatan, Ketua Pelaksana DAMNAS & PIDNAS, Ardi Alfaris dalam hal menyampaikan laporan "Jumlah peserta yang mendaftar DAMNAS sebanyak 67 peserta dan PIDNAS 27 peserta dari seluruh Indonesia, yang melalui beberapa tahap seleksi peserta yang berhasil lolos berjumlah 35 (DAMNAS) & 24 (PIDNAS). Serta ucapan terimakasih kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang yang memfasilitasi tempat kegiatan, Dinas Perhubungan yang sudah memfasilitasi Bus Jawara kepada peserta dan panitia untuk berkeliling Kota Tangerang dan kepada Univ. Muhammadiyah Tangerang yang mendukung secara pendanaan sehingga kegiatan berjalan sesuai rencana. 

Ketua PDM Kota Tangerang, yang diwakilkan oleh Ayahanda Zulpikor juga menyampaikan "Masa depan Muhammadiyah sangat bergantung pada perkaderan seperti ini, kalian ditempah dengan materi ideologi, gerakan dan aktualisasi sehingga kembali pada masyarakat dengan kelayakan dan kekayaan ilmu pengetahuan dakwah, saya sangat mengapresiasi IMM Kota Tangerang dalam ini berani mengambil langkah penting dengan mengadakan perkaderan secara Nasional". 

Wakil Rektor I Univ. Muhamamdiyah Tangerang ia menyampaikan dalam sambutannya bahwa "Dakwah amar makruf nahi munkar memang digalakkan dengan perkaderan, penyaluran perkaderan seperti ini. Sebagai institusi pendidikan dibawah naungan Muhamamdiyah tentu sudah sepatutnya kami mendukung penuh aktivitas keilmuan yang pada nantinya juga berdampak pada kapasitas mahasiswanya dan proses dakwah Muhamamdiyah kedepannya". 

Disisi lain Ketua Umum PC IMM Kota Tangerang Mohammad Robby, S.Pd menyampaikan hal serupa bahwa "Kita harus memandangan perkaderan sebagai sarana menambah kapasitas keilmuan, forum intropeksi diri serta menambah relasi secara nasional. Kami selaku penyelenggara tentu sangat antusias dengan ide gagasan teman-teman peserta DAMNAS & PIDNAS untuk masing-masing kita bisa mengejawantahkan secara bersama demi kebaikan dan keluar dari masalah yang dijelaskan pada tema yang diusung". Jelasnya.. 

DPD IMM Banten yang diwakilkan oleh Novriyadi, SH menyampaikan bahwa "sebagai Pimpinan diatas IMM Cabang sudah sepatutnya kami mendukung segala bentuk perkaderan, nalar kritis memang sangat diuji di perkaderan tapi jika teman-teman mampu melewatinya maka akan terbiasa dengan forum-forum keilmuan yang lain kedepannya". 

Dalam pelaksanaan DAMNAS & PIDNAS tersebut menghasilkan beberapa rekomendasi (rencana tindak lanjut) terutama Darul Arqam Madya yaitu pembentukan Moksa Institute sebagai lembaga intelektual kreatif untuk mengkaji isu dan pengembangan keilmuan, pembuatan buku dari kumpulan tulisan peserta sebagai referensi baru perkaderan dan kader IMM dan creative minority yang ditugaskan kepada peserta melakukan gerakan sosial intelektual di daerahnya masing-masing.
Naufal Afif
Naufal Afif Editor Kuliah Al-Islam, Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor, Ketua Umum IMM UIKA 2018-2020

Posting Komentar untuk "IMM Kota Tangerang Sukses Selenggarakan DAMNAS dan PID Nasional 2023"

4-comments