Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Manajemen Lembaga Pendidikan Islam

Dr. Afiful Ikhwani, M.Pd.I. pernah menjabat menjadi Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Agama Islam (PAI), Ketua Jurusan Tarbiyah (setingkat dekan), Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M), dan Sekretaris Senat Institusi STAI Muhammadiyah Tulungagung (2013-2017), Pemimpin Redaksi Jurnal Ilmiah terakreditasi nasional (2013-sekarang), Direktur Pascasarjana, Senat Universitas Muhammadiyah Ponorogo (2019-2020), Badan Pembina Harian (BPH) Institusi Teknologi Bisnis (ITB) Muhammadiyah Tulungagung (2021-sekarang), Badan Pembina Harian (BPH) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Bangil, Pasuruan (2021-sekarang). 

Manajemen Lembaga Pendidikan Islam adalah suatu proses pengelolaan Lembaga Pendidikan islam secara islami dengan cara menyiasati sumber-sumber belajar dan hal-hal lain yang terkait untuk mencapai tujuan Pendidikan islam secara efektif dan efisien. Penulis sangat ahli dalam kajian ini,, sudah tepat dijadikan bahasn bacaan teoritis dan acuan tataran praktik dalam pengelolaan Lembaga Pendidikan islam, karena studi doktoral penulis sesuai pada jurusan manajemen Pendidikan islam (MPI), dan bidang keilmuan serta sertifikasi pendidik profesionalnya juga sama.

 Buku ini mengangkat sejumlah persoalan yang berhubungan dengan aktifitas berfikir (reflektif) dan aplikatif tentang pendekatan dan metode manajemen lembaga pendidikan islam (MLPI) untuk meningkatkan lembaga-lembaga pendidikan baik umum maupun islam dalam perspektif dalil al-Qur’an dan hadits. Adapun yang diangkat dalam pembahasan buku ini antara lain konsep kepemimpinan islami, perumusan visi-misi di madrasah, manajemen sumber daya manusia (SDM) di madrasah, manajemen perubahan, manajemen kurikulum, sarpras, keuangan, peran serta humas, manajemen budaya dan lingkungan, yang kesemuanya terintegrasi dalam perspektif islam.

 Buku menjadi benda mati yang menarik bagi mereka-mereka yang suka membaca. Nonfiksi yang dimaksud adalah sebuah kegemaran karena membaca menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan, sehingga menjadi sebuah rutinitas atau kebiasaan. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam menhadirkan banyak manfaat dan keuntungan. Seperti untuk menjalankan peran manajemen secara efisien. Pengelolaan Lembaga Pendidikan islam harus bertujuan untuk mengembangkannya dengan kegiatan yang efisien sehingga pendanaan tidak mandek atau habis. Hal ini dicapai dengan penuh perhatian dan kehatian-hatian, dan tentunya harus dibagikan dengan penyaluran dana yang akan digunakan untuk operasional atau keberlanjutan organisasi dan dengan pengadaan pedoman prasarana administrasi. Prinsipal sebagai administrator berfungsi sebagai penentu yang berhal menangani pembayaran.

 Manajemen infrastruktur dapat dikategorikan sebagai mekanisme kolektif untuk penggunaan yang efektif dan efisien dari semua fasilitas dan infrastruktur Pendidikan. Deskripsi ini menunjukan bahwa sumber daya dan aset saat ini harus diberdayakan dan dikelola untuk kebaikan pengalaman belajar. Pemeliharaan layanan dan sumber daya dimaksudkan agar penggunaannya berfungsi dengan sukses dan efisien. Layanan Pendidikan di Lembaga Pendidikan harus ditangani semaksimal mungkin sesuai dengan kebutuhan. Sarana Pendidikan merupakan alat dan perlengkapan yang langsung digunakan untuk menunjang proses Pendidikan.

 Pendidikan islam didirikan di atas landasan falsafah islam, berangkat dari sudut pandang kehidupan dan sudut pandang manusia, dan berorientasi pada tujuan Pendidikan yang berpusat pada nilai-nilai islam. Manajemen kurikulum adalah metode manajemen kurikulum yang saling, kolaboratif, hierarkis dan terstruktur untuk mencapai tujuan kurikulum. Manajemen kurikulum merupakan suatu pengaturan yang dirancang untuk menjamin keberhasilan kegiatan belajar mengajar (dalam istilah sekarang adalah pembelajaran) sehingga kegiatan tersebut dapat mencapai hasil yang maksimal.

 Manajemen kurikulum adalah keseluruhan mekanisme upaya kolaboratif untuk mempromosikan pencapaian hasil kurikulum, dengan konsentrasi pada inisiatif untuk meningkatkan konsistensi pengajaran dan pengalaman belajar. Islam adalah keyakinan rahmat, sehingga umat islam harus senantiasa memancarkan cita-cita kasih saying dan penghormatan kepada sesame di setiap wilayah keberadaan. Krisis dalam islam bukanlah akhir, melainkan cara untuk menyatukan berbagai masalah yang saling bersaing. 

 Filosofi mekanisme perubahan manajemen menekankan perlunya sekelompok besar individu untuk membawa perubahan di bawah kepemimpinan pemangku kepentingan eksekutif yang mencari bantuan, consensus, dan keterlibatan. Dalam menjalankan tugas transformasi, filosofi ini membutuhkan displin ilmu seperti Psikologi, Sosiologi maupun Antropologi, dimana harusnya seorang pemimpin memahami peta sosial dan komunitas interpersonal yang terfokus pada karakter manusia untuk merendam ketegangan dan perselisihan dalam fase perubahan.

 Tiga komponen dasar, yaitu pengetahuan dasar, kemampuan (keterampilan intelektual, keterampilan keterlibatan) dan kepribadian. Kata rabbaniyin Rabbani, seperti dalam hadits yang artinya: “jadilah guru yang memberikan semangat”. Tujuan yang ditentukan yaitu penanaman taqwa dan nilai-nilai serta penegakan.

 Sisi lain dari buku ini adalah mengangkat sejumlah persoalan yang berhubungan dengan aktivitas berfikir (reflektif) sebagai pendekatan dan metode manajemen Lembaga Pendidikan islam untuk meningkatkan Lembaga-lembaga Pendidikan islam untuk meningkatkan Lembaga-lembaga Pendidikan secara islami itu sendiri. Dalam buku ini penulis mengutip pendapat para pakar Pendidikan dan para filsuf muslim untuk dijadikan dasar pijakan dalam mengembangkan aktivitas berfikir yang di derivasi dari pemikiran islam.

 Untuk gagasan yang disampaikan penulis sangat menarik dan mudah dipahami. Sehingga dapat menjadi penilaian maupun rujukan dalam kepenulisan ilmiah. Dari segi kelengkapan masih banyak kata maupun kalimat yang sulit dipahami dan harus direvisi Kembali oleh penulis. Seperti kata “Harus”, di buku tersebut dituliskan “Haaarus”. Dan kata “Pidarta” yang dimaksud ini seperti apa. Kata “Hierarki”. Untuk keseluruhan kepenulisannya sudah baik.

 Manfaat membaca buku ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan, dapat menambah kosakata, dapat meningkatkan kualitas memori, melatih ketrampilan untuk berfikir dan menganalisa. Dan membantu kita untuk terhubung dengan dunia luar. Untuk penilaian terhadapap buku adalah analilis dan kreativitas penulisan ide, Bahasa dan tulisan yang digunakan, tata wajah buku (layout), dan tebal buku.

 Tujuan dari pengelolaan tenaga kependidikan adalah untuk memotivasi tenaga kependidikan secara tepat dan produktif agar dapat menghasilkan hasil yang maksimal, dan dalam kondisi yang menguntungkan. Dapat disimpulkan bahwa pengelola tenaga pendidik dan kependidikan merupakan tugas yang harus dilaksanakan mulai dari tenaga pengajar dan pelatih yang tergabung dalam organisasi kependidikan dan melalui proses penyiapan SDM.

 Banyak konsep yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan fasilitas dan sumber daya Pendidikan agar dapat mengoptimalkan pencapaian tujuan. Pendidikan mencakup berbagai instrumen, seperti media Pendidikan, grafik audio, alat peraga, sarana dan sumber Pendidikan. Media Pendidikan memuat semua yang dapat mendukung proses untuk memenuhi target Pendidikan. Karena Pendidikan islam mengutamakan pengembangan akhlak, maka media pencapaian ilmu adalah media Pendidikan keilmuan. Dan media pembinaan akhlak adalah sosial, kedua media tersebut fokus pada prinsip al-Qur’an.

 Administrasi keuangan salah satu subtansi yang digunakan dalam manajemen sekolah untuk menilai arah program pembelajaran di kelas. Tata Kelola yang efektif adalah manajemen yang tidak menyimpang dari definisi yang sesuai dengan objek yang dikelolanya menjadi tempat perusahaan berada. Melalui praktik manajemen keuangan, persyaratan pembiayaan untuk sekolah dapat disiapkan, diperoleh, didaftarkan secara langsung dan digunakan untuk membiayai pelaksanaan program madrasah yang berhasil dan produktif.

 Untuk menjalankan peran manajemen pembiayaan secara efisien, kita harus memperhatikan nilai-nilai yang membentuk dasar operasinya. Dalam alokasi dana (menggalang dana), dana pada dasarnya akan bersumber dari dua saluran, baik dalam organisasi itu sendiri (internal) maupun pihak asing. Menurut Mitarsih Danumiharja dalam Mulyono, istilah pencairan dana dari pemerintah pusat dan daerah ke setiap satuan Pendidikan terutama di sekolah negeri, antara lain: DPP, DBO, OPF, BP3,dan Donasi yang diberikan oleh siswa.

 Manajemen dalam islam dijabarkan dalam hadits Rasulullah yang dikisahkan oleh Imam Tharbani, yang artinya: sesungguhnya Allah sangat mencintai orang-orang yang jika melaksanakan tugasnya dilakukan dengan baik, sederhana dan menyeluruh. Manajemen, yaitu mengendalikan perusahaan dengan persiapan, pelaksanaan dan penilaian untuk mencapai tujuan yang diperlukan.

 Keuangan dan pendanaan merupakan salah satu alat yang khusus memfasilitasi efektivitas dan kualitas penyelenggaraan Pendidikan. Hal ini secara khusus dicapai di madrasah, dan menuntut madrasah mampu mempersiapkan, melaksanakan, menilai, dan bertanggung jawab kepada masyarakat dan pemerintah untuk mengelola dana secara konsisten.

 Secara umum peran lingkungan Pendidikan yaitu membantu anak didiknya dapat berinteraksi dengan lingkungan yang berbeda, terutama dengan berbagai cara yang dapat diakses dengan kecanggihan teknologi. Dan merupakan ruang kesatuan dalam Lembaga Pendidikan formal yang mempengaruhi terciptanya sikap dan potensi peserta didik. 

 Tujuan Pendidikan islam adalah membina manusia secara individu dan komunitas, sehingga mereka mampu menjalankan tugasnya sebagai hamba Allah dan Khalifah-Nya untuk menciptakan dunia sesuai denga napa yang telah Allah tetapkan sesuai dengan ajaran islam.

 Menurut Permen Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2007, terkait standar sarana dan prasarana untuk sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI) adalah: 
 Gedung atau bangunan harus memenuhi persyaratan seperti di bawah ini;

1. Memiliki sirkulasi udara yang cukup dan layanan pencahayaan yang sesuai.
2. Menjaga kebersihan di dalam dan di luar rumah untuk memenuhi kebutuhan air minum, drainase air yang tercemar dan atau air limbah, tempat sampah dan sampah, serta penyaluran air hujan. 
3. Produk bangunan yang sehat untuk kesejahteraan konsumen bangunan dan memiliki sedikit efek berbahaya pada iklim.

 Ayat-ayat yang menggambarkan nilai jasa dan perlengkapan atau perkakas Pendidikan seringkali terdapat dalam Alquran. Makhluk Allah berupa binatang yang dijelaskan dalam Alquran juga bisa menjadi alat Pendidikan. Nama sala satu huruf dalam Alquran adalah An-Nahl, artinya lebah. Dalam ayat 68-69 surat itu.

Judul : Manajemen Lembaga Pendidikan Islam
Pengarang : Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I.
Tahun Penerbit : 2022
Penerbit : CV.NAJAHA
Tebal Buku : 147 Halaman
Jenis Buku : Pengetahuan
Harga Buku : Rp 65.000


Nama: Wanda Nabila Ma'wadah| Nim: 21112336 | Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Posting Komentar

0 Komentar