Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Habluminallah dan Habluminanas

Habluminallah dan Habluminanas adalah dua konsep penting dalam agama Islam yang merujuk pada hubungan manusia dengan Allah SWT dan hubungan manusia dengan sesama manusia.

Habluminallah, dalam bahasa Arab artinya "tali yang menghubungkan dengan Allah SWT". Konsep ini mengajarkan bahwa setiap manusia memiliki kewajiban untuk menjalin hubungan yang erat dengan Allah SWT, baik melalui ibadah, doa, dan tindakan-tindakan yang baik. Kewajiban ini memperkuat ikatan antara manusia dengan Allah SWT dan memperdalam makna keimanan dan ketaqwaan.

"Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim." (QS Ali-Imran : 102)

"Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat). Bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Hashr : 18)

Habluminanas, dalam bahasa Arab artinya "tali yang menghubungkan dengan sesama manusia". Konsep ini mengajarkan bahwa setiap manusia juga memiliki kewajiban untuk menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia, baik dengan keluarga, teman, tetangga, atau siapa saja. Kewajiban ini meliputi sikap tolong-menolong, kasih sayang, dan memperlakukan orang lain dengan adil dan bijaksana. 

Dalam Islam, kewajiban untuk menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia sangat ditekankan, dan bahkan dianggap sebagai salah satu kunci dari keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

 “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, Ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.” (QS. An-Nisa : 36)

Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam bersabda, "Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia berkata baik atau diam, siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia menghormati tetangganya dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya" (HR. Bukhari dan Muslim) 

Kesimpulannya, Habluminallah dan Habluminanas adalah dua konsep penting dalam agama Islam yang menekankan pentingnya hubungan manusia dengan Allah SWT dan hubungan manusia dengan sesama manusia. Keduanya saling berkaitan dan saling memperkuat, sehingga menjalin hubungan yang baik dengan keduanya adalah kunci untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.



Naufal Afif
Naufal Afif Editor Kuliah Al-Islam, Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor, Ketua Umum IMM UIKA 2018-2020

Posting Komentar untuk "Habluminallah dan Habluminanas"

4-comments