Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Masalah Pendidikan Bisa Mengancam Masa Depan Bangsa!



Pendidikan adalah proses pengembangan potensi diri untuk mewujudkan kecerdasan dan kepercayaan diri seorang penerima didikan. Bentuk pendidikan ini dapat berupa pengetahuan dan keterampilan. Aktivitas mengajar dilakukan untuk mengupayakan agar terciptanya komunikasi yang harmonis antara kedua belah pihak. Jadi, selama mengayomi pendidikan akan mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan yang bersifat produktif. Dengan itu, seseorang yang telah menjalankan masa studinya dituntut untuk menyalurkan ilmu pengetahuanya kepada masyarakat umum. Sehingga untuk membentuk generasi yang berintelektual tinggi, maka dibutuhkan pendidikan dan pengajaran yang berstandar nasional dan internasional agar tujuan tersebut dapat terealisasikan dengan baik dan tepat sasaran.  

Pengembangan keterampilaan dan ilmu pengetahuan sangat mempengaruhi pendidikan dasar karena lebih meniktiberatkan pada kecerdasan kognitif dan psikomotorik yang akan membentuk karakter. Ketika kita membahas mengenai pendidikan karakter, maka tidak lepas dengan pendekatan nilai-nilai kemanusiaan. Pada dasarnya pendidikan karakter melibatkan literasi, etika, spiritual, estetika dan kinestetik karena dengan menanamkan pendidikan karakter sejak dini akan membentuk mindset yang terolah. 

Pendidikan karakter menjadi isu yang tak pernah terhenti dalam dunia pendidikan di Indonesia. Hal ini sangat berkaitan dengan mirisnya moral di negara berdaulat. Seperti yang kita ketahui pendidikan dilakukan tak hanya untuk memberikan ilmu pengetahuan melainkan untuk menanamkan dan menerapkan norma-norma yang ada dalam lingkungannya. Karakter awal yang menjadi patokan adalah keteladanan. Keteladaan dalam pendidkan dapat diartikan sebagai perilaku dan sikap antara guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini dipandang paling etis karena cara berperilaku dinilai dari penyesuaan diri. Oleh karena itu, guru harus memperhatikan bagaimnma proses pendidikan dan pengasuhan anak. 

Karakter dapat dibangun melalui beberapa cara yaitu, melatih untuk disiplin waktu dan menghormati pendapat orang lain dalam pembelajaran. Dengan hal tarsebut terciptalah interaksi antara satu dengan lainnya. Selain dengan proses pembentukan karakter, perlunya mengetahui sistem pendidikan di indoesnia. Sistem pendidikan adalah bukti nyata dalam menerapakan metode atau srateginya untuk mencapai potensi.

Namun, pastinya setiap sistem pendidikan memiliki kelebihan dan kekurangan apalagi pendidikan di Indonesia saat ini selalu mengalami up and down. Lalu, bagaimana solusi untuk mengatasi pendidikan di indonesia? Untuk mewujudkan pendidikan yang bergengsi di Indonesia perlunya mengembangkan atau mendirikan sekolah sekolah di setiap pelosok negeri, selalu mengusahakan agar anak anak di seluruh indonesia bersekolah dengan memberikan bantuan pendidikan, mewajibkan program belajar 9 tahun. Nah, sebagai orang yang terdidik maka harus melakukan pengabdian ke sekolah-sekolah yang sangat minim dengan pendidikan terutama di daerah pelosok karena kurangnya guru profesional dan menyelenggarakan public literacy untuk anak-anak sekolah dasar. 

Terlepas dari hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan, termasuk kurangnya pendidikan karakter akan mempengaruhi anak dan bangsa ini akan kehilangan martabat karena apalah gunanya ilmu sebesar guru jika karakternya tidak mencerminkan kemanusiaan. Begitu pentingnya pendidikan sekolah dasar karena awal pembentukan karakter anak dimulai dari sana maka jangan sepelekan! Karena masalah pendidikan ini bisa mengancam masa depan anak.


Penulis : Rezki Astuti
Naufal Afif
Naufal Afif Editor Kuliah Al-Islam, Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor, Ketua Umum IMM UIKA 2018-2020

Posting Komentar untuk "Masalah Pendidikan Bisa Mengancam Masa Depan Bangsa!"

4-comments