Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk Jalin Kerja Sama dengan Internasional Islamic School Malaysia (IISM)

 


Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Nganjuk telah menjalin kerja sama dengan International Islamic School Malaysia (IISM) melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Senin, (05/06/2023) yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) atas kerja sama dengan Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non-Formal PP Muhammadiyah.

Penandatangan kerja sama (Signing Collaboration) ini difasilitasi oleh International Relation Office (IRO) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS). Acara ini diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari 60 sekolah yang berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Sumatra Barat.

Andik Joko Santoso, S.Pd selaku Kepala SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk Nganjuk menjelaskan bahwa, "Ada empat program yang ditawarkan dalam MoU ini. Yaitu International Sister School Program, Student and Staff Exchange Program, Twinning Program, dan International Curriculum," ungkapnya.

Sister School adalah program di mana sebuah sekolah di satu negara menjalin kemitraan dengan Sekolah di negara lain untuk menjalankan berbagai kegiatan kolaboratif. Melalui program ini, SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk dan International Islamic School Malaysia (IISM) akan membangun hubungan erat antara sekolah-sekolah yang terlibat. Mereka akan saling berbagi pengalaman, sumber daya, dan praktik terbaik dalam bidang pendidikan. Program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman lintas budaya, memperluas pengetahuan siswa, dan memperkuat kerja sama antara dua lembaga pendidikan.

Student Exchange adalah program di mana siswa dari satu sekolah memiliki kesempatan untuk mengunjungi sekolah mitra di negara lain untuk jangka waktu tertentu. Program ini akan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengalami lingkungan belajar yang baru, mengeksplorasi budaya yang berbeda, dan memperdalam pemahaman mereka tentang dunia global. Siswa yang terlibat dalam program ini akan memiliki kesempatan untuk belajar dan berinteraksi dengan siswa dari budaya yang berbeda, meningkatkan keterampilan sosial, kemandirian, dan pemahaman mereka tentang keragaman budaya.

Twinning Program adalah program di mana dua sekolah yang terlibat menjalin hubungan kemitraan yang lebih intens. Program ini melibatkan pertukaran sumber daya dan kolaborasi yang mendalam dalam pengembangan kurikulum, metode pengajaran, dan kegiatan ekstrakurikuler. Dengan adanya Twinning Program antara SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk dan International Islamic School Malaysia (IISM), kedua sekolah akan saling mendukung dalam meningkatkan kualitas pendidikan, berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta mengembangkan inovasi pendidikan yang berkesinambungan.

International Curriculum adalah program yang melibatkan adopsi kurikulum internasional dalam proses pembelajaran. Melalui kerja sama ini, SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk dan International Islamic School Malaysia (IISM) akan saling berbagi dan menerapkan pendekatan, metode, dan materi pembelajaran yang diakui secara Internasional. Kurikulum Internasional ini akan memberikan siswa kesempatan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih luas tentang isu-isu global, memperluas pengetahuan mereka di berbagai bidang, dan mempersiapkan mereka untuk tantangan dunia yang makin terhubung secara global.

Andik yang langsung hadir di kampus UNIMUS menjelaskan bahwa, "Smamsatu Nganjuk mengikuti kegiatan ini untuk meningkatkan kerja sama dengan lembaga pendidikan luar negeri guna go Internasional, untuk menciptakan lingkungan pendidikan berkualitas, memperluas wawasan siswa, dan membangun hubungan yang erat antar bangsa. Semoga kerja sama ini bisa menjadi keberkahan bagi kita semua. Amin," pungkas Kepala SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk ini.


Reporter: Ananda Catur Agustina
Editor     : Septi Sartika (Tim Redaksi Pelaksana IMM Pos)

Posting Komentar untuk "SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk Jalin Kerja Sama dengan Internasional Islamic School Malaysia (IISM)"

4-comments